Home »

Solo

Lonjakan Jumlah Penumpang Terjadi di Terminal Tirtonadi Solo

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan, pada H-2 Lebaran 2018 ini lonjakan terjadi, tetapi tak signifikan.

Lonjakan Jumlah Penumpang Terjadi di Terminal Tirtonadi Solo
Tribun jateng/akbar hari mukti
Penumpang berdatangan di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Rabu (13/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Lonjakan kedatangan penumpang terjadi di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Rabu (13/6/2018). Lonjakan penumpang di terminal tersebut diketahui telah terjadi sejak beberapa hari yang lalu.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan, pada H-2 Lebaran 2018 ini lonjakan terjadi, tetapi tak signifikan.

Merujuk data pada H-3 kemarin, Joko menjelaskan ada 43.862 penumpang yang tiba di terminal dengan bus sebanyak 2.828 unit.

"Untuk H-2 baru bisa dihitung setelah hari ini berakhir. Untuk volume kedatangan H-3, penumpang lebih tinggi dari H-4 yang mencapai 42.991," paparnya.

Joko menilai, panjangnya libur cuti bersama membuat arus mudik Lebaran tahun ini lebih merata apabila dibandingkan tahun-tahun yang lalu.

Joko mengatakan, hingga H-3 Lebaran atau Selasa kemarin, volume kedatangan penumpang yang tiba di Terminal paling tinggi tercatat masih pada H-6, yakni terdapat 46.985 penumpang.

"Arus mudik kali ini jumlah kedatangan penumpang tertinggi masih pada H-6, atau Sabtu (9/6/2018)," terang Joko.

Menurut rincian Joko, pada H-3 Lebaran 2018 kemarin untuk kedatangan penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 13.067 penumpang, lalu bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 5.302 penumpang dan kedatangan bus tambahan atau pariwisata berjumlah 5.880 penumpang.

Joko pun memprediksi puncak arus mudik di Terminal Tipe A Tirtonadi diperkirakan jatuh pada H-1. Tetapi menurutnya peningkatan tak signifikan.

"Puncaknya nanti malam dan besok Kamis (14/6/2018) tapi tidak akan membludak," urainya.
Lebih jauh, Joko menilai Terminal Tirtonadi adalah tujuan favorit para pemudik, karena terminal ini memiliki jumlah penumpang tertinggi se-Jawa Tengah.

"Berdasar grafik perhitungan yang dikeluarkan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tipe A Tirtonadi dari H-8 sampai dengan H-5 atau pada 10 Juni 2018 saja sudah 150.700 penumpang datang," ungkapnya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help