Memiliki 192 Pondasi, Jembatan Kalikuto Menghubungkan Tol Fungsional Pemalang-Semarang

Jembatan Kalikuto memiliki panjang sekitar 160 meter tersebut memiliki 192 pondasi dan terletak di Exit Tol Fungsional Batang-Semarang

Memiliki 192 Pondasi, Jembatan Kalikuto Menghubungkan Tol Fungsional Pemalang-Semarang
Kompas.com
Foto udara pembangunan konstruksi jembatan Kalikuto di Jalan Tol Batang-Semarang, siap difungsikan pada Rabu (13/6/2018) siang ini sekitar pukul 13.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Jembatan Kalikuto yang akan dinyatakan pihak pengembang siap dilintasi oleh pemudik, namun operasionalnya masih menunggu instruksi dari Kementerian PUPR, Rabu (13/6/2018) sore ini.

Data yang dihimpun Tribunjateng.com, Jembatan Kalikuto memiliki panjang sekitar 160 meter tersebut memiliki 192 pondasi dan terletak di Exit Tol Fungsional Batang-Semarang, tepatnya di Gringsing perbatasan dengan Kendal.

Terhitung sejak 21 Maret 2017 perizinan pelaksanaan konstruksi jembatan tersebut sudah dikeluarkan oleh pihak PSDA dan pelaksanaan pembangunan dimulai pada Januari 2018.

Jembatan tersebut nantinya akan menghubungkan Tol Fungsional Pemalang-Batang ke Tol Fungsional Kendal Semarang.

Dikatakan Adrul Jihan Bagian Teknik Waskita, jembatan sudah siap dilewati oleh pemudik dan menunggu tinjauan dari kementerian.

"Terkait jadwal terbaru penyelesaian masih dirapatkan, hanya saja akan diusahakan sebelum kontrak selesai jembatan sudah rampung pengerjaannya," ujarnya.

Adapun waktu pelaksanaan pengerjaan Jembatan Kalikuto memakan waktu 793 hari, masa pemeliharaan 365 hari dan masa performa 2 tahun 2 bulan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Murdiyono menerangkan, jika jembatan sudah bisa digunakan akan sangat membatu mengurai kemacetan di sekitar exit toll Gringsing.

"Akan ada kunjungan dari Kementerian PUPR untuk mencoba Jembatan Kalikuto, walaupun nantinya fungsional namun akan sangat membantu mengurai penumpukan arus," imbuhnya.

Ia juga mengatakan, kemungkinan kontra flow yang diberlakukan usai keluar di exit toll Gringsing tidak akan diberlakukan jika jembatan sudah bisa dilalui.

"Kemungkinan kontra flow tidak akan diberlakukan jika jembatan sudah bisa dilalui pemudik," timpalnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved