Xiaomi Merugi 1 Miliar Dolar AS di Kuartal Pertama 2018

Xiaomi Corp terpaksa gigit jari. Produsen ponsel cerdas asal China ini merugi lebih dari US$ 1 miliar pada kuartal pertama 2018.

Xiaomi Merugi 1 Miliar Dolar AS di Kuartal Pertama 2018
KOMPAS.COM/FATIMAH KARTINI BOHANG

TRIBUNJATENG.COM, HONG KONG -  Xiaomi Corp terpaksa gigit jari. Produsen ponsel cerdas asal China ini merugi lebih dari US$ 1 miliar pada kuartal pertama 2018.

Padahal, tak lama lagi, Xiaomi akan menggelar penawaran saham umum perdana atau initial public offering (IPO).

Xiaomi merugi, salah satunya, karena penurunan pendapatan. Tercatat, kerugian bersih Xiaomi senilai 7 miliar yuan atau setara dengan US$ 1,09 miliar di kuartal pertama 2018.

Namun, bila satu item dikecualikan, perusahaan milik miliarder Lei Jun ini masih membukukan laba bersih 1,04 miliar yuan di kuartal I 2018.

Sebagai perbandingan, sepanjang tahun lalu, Xiaomi meraup laba 3,9 miliar yuan.

Sedangkan, perolehan pendapatan Xiaomi tercatat 34 miliar yuan di kuartal I 2018. Jumlah ini setara dengan US$ 5,3 miliar. Tak disebutkan jumlah pendapatan di kuartal I 2017, namun secara total Xiami memperoleh pendapatan 114,6 miliar yuan di 2017.

Pendapatan Xiaomi menurun meskipun mencatat penjualan telepon pintar atau smartphone naik 88% di kuartal pertama 2018, didukung oleh pasar di luar negeri. Counterpoint mencatat, penjualan ponsel Xiaomi mencapai 28,1 juta unit di kuartal pertama tahun ini.

Seperti dilansir Bloomberg, bisnis terbesar Xiaomi yakni smartphone nyaris tidak menghasilkan laba meski terjadi lonjakan penjualan.

Saat ini, penjualansmartphone tidak sekencang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca: Shandy Aulia Jualan Ayam Geprek SAy, Paket Waralabanya Mulai dari Rp 20 Juta

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help