Danau Bekas Gunung Batu Tampomas Banjarnegara Disulap Jadi Objek Wisata Menarik

Oleh pegiat wisata Desa Gentansari Kecamatan Pagedongan, tempat itu disulap menjadi obyek wisata yang menarik

Danau Bekas Gunung Batu Tampomas Banjarnegara Disulap Jadi Objek Wisata Menarik
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Bukit Tampomas Banjarnegara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Obyek wisata baru kembali hadir di Kabupaten Banjarnegara. Sebuah danau seluas sekitar 1,8 hektar yang dikelilingi bukit batu di Desa Gantansari Kecamatan Pagedongan Banjarnegara telah dibuka untuk umum.

Danau yang dipagari bebatuan alam itu mulanya adalah gunung bernama Tampomas. Bukit itu sempat menjadi tempat ekspoitasi batu pada tahun 1984 untuk pembangunan mega proyek bendungan panglima Soedirman.

Bekas batu alam raksasa yang sempat dieksploitasi dengan cara diledakkan dengan dinamit ini menyisakan bebatuan alam mirip gunung batu. Di tengahnya, terbentuk kubangan yang terisi air mirip danau dengan air yang tenang.

Bukit Tampomas Banjarnegara.
Bukit Tampomas Banjarnegara. (Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki)

Oleh pegiat wisata Desa Gentansari Kecamatan Pagedongan, tempat itu disulap menjadi obyek wisata yang menarik.

Sejumlah perahu disiapkan bagi wisatawan yang menyukai wahana air. Dengan kendaraan itu, pengunjung diajak berkeliling menikmati pemandangan danau dan bebatuan alam.

Bagi yang suka berkuda, pengelola juga menyediakan kuda yang siap mengantar keliling area wisata Tampomas yang memiliki luas hampir 5 hektar.

"Kami juga siapkan selfie deck bagi penghobi foto serta gazebo yang berbahan baku alam bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana di sekitar objek wisata Tampomas," kata ketua Pokdarwis Tampomas Andika Dwi Prasetyo.

Objek wisata Tampomas mulai di buka akhir tahun 2017 lalu. Pembukaan objek wisata ini pun mendapat respon antusias dari masyarakat.

Terbukti, di awal pembukaannya, setiap hari sekitar 200 wisatawan mampir untuk menikmati objek di lokasi tersebut. Setiap minggu, hampir seribu wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved