Dilantik, Umi Azizah Resmi Laksanakan Wewenang Bupati Tegal

Usai menjalani masa cuti, Umi Azizah kini kembali ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Tegal

Dilantik, Umi Azizah Resmi Laksanakan Wewenang Bupati Tegal
ISTIMEWA
proses pelantikan Umi Azizah Kabupaten Tegal 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Usai menjalani masa cuti karena ikut berkompetisi pada Pilbup Tegal, Umi Azizah kini kembali ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Tegal terhitung sejak tanggal 24 Juni 2018.

Hal itu tertuang pada Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 131/0009438 tertanggal 21 Juni 2018 lalu.

Prosesi serah terima jabatan Bupati Tegal dari Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tegal Sinoeng N Rachmadi berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Gedung A Lantai 2 Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Senin (25/6/2018) siang tadi.

Adapun empat orang Pjs bupati dan walikota lainnya juga ikut melaksanakan serah terima jabata itu.

Lewat sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang baru mengakhiri masa cutinya mengapresiasi kepada bupati dan walikota definitif peserta Pilkada 2018 serta para Pjs bupati dan walikota yang dinilainya dapat menjaga iklim suasana kondusif hingga pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni nanti.

"Pengamatan saya, kampanye Pilkada di Jawa Tengah ini yang paling adem ayem, paling kondusif," ucap Ganjar.

Menurutnya, hal itu sangat dipengaruhi oleh kesantunan para kontestan Pilkada dalam berpolitik, ditunjang kondisi spiritual, kultural dan kehidupan demokrasi masyarakat Jawa Tengah yang sudah dewasa.

Selain itu, Ganjar juga mengapresiasi kesiapan daerah dalam mengantisipasi arus mudik Lebaran 2018. "

Tidak ada kendala kemacetan yang berarti dan harga kebutuhan pangan pokok pun relatif stabil terkendali," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono yang ditemui usai acara mengatakan, penunjukan Umi Azizah untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Tegal ini sudah sesuai dengan amanat.

Amanat itu termaktub pada Pasal 78 ayat (1) huruf a, Pasal 65 ayat (4), Pasal 66 ayat (1) huruf c dan Pasal 88 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan perubahannya.

Joko mengatakan, Bupati Tegal Enthus Susmono yang berhalangan tetap karena meninggal dunia pada 14 Mei 2018 lalu dan pengisian jabatannya belum dilakukan, maka Wakil Bupati Tegal ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan wewenang sehari-hari Bupati Tegal.

"Nanti, sampai dengan dilantiknya bupati atau diangkatnya penjabat bupati baru dari Pilkada," ucap Joko.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, penunjukan Wakil Bupati Tegal tersebut secara kedinasan lazim disebut sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tegal.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help