Mudik Lebaran 2018

Irjen Royke Lumowa Harap Lebaran 2019 Luas Rest Area Ditambah

Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa memiliki catatan tersendiri selama mengawal Operasi Ketupat 2018.

Irjen Royke Lumowa Harap Lebaran 2019 Luas Rest Area Ditambah
IST
Anggota Pramuka yang ikut menertibkan arus mudik membagikan stiker di rest area Gringsing, Kabupaten Batang, Selasa (12/6/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, CIKARANG - Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa memiliki catatan tersendiri selama mengawal Operasi Ketupat 2018.

Menurutnya soal pelaksanaan Contra Flow dan One way baik itu saat arus mudik maupun arus balik sudah sangat efektif mengurai kepadatan.

"Kita bisa melihat sendiri dengan dilaksanakannya one Way saja, ruas jalan dipenuhi kendaraan. Apa yang terjadi kalau tidak One Way? Pasti akan terjadi kepadatan di rest area," terang Royke, Senin (25/6/2018) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dia juga bersyukur dua upaya diskresi kepolisian baik Contra Flow maupun One Way. Bisa mengurai kepadatan sehingga sekalipun ada antrian kecepatannya masih ada 60KM/jam.

Lanjut, jenderal bintang dua ini juga menyoroti soal rest area yang menurutnya masih kurang. Jika membangun rest area membutuhkan biaya tinggi, Royke menyarankan dibuat rest area darurat.

"Kami sarankan rest area darudar di sekeliling rest area yang ada, ditambah di sekeliling lahan kosong dari penduduk dan bisa disewa. Masyarakat bisa jualan di sekitar rest area darurat itu," ujarnya.

Terakhir Royke juga memuji adanya kekompakan dan perpaduan yang baik antar Lembaga dan Kementerian sehingga mudik lebih lancar.

"Ada juga beberapa catatan lain yang mungkin perlu kami diskusikan bersama dengan pemangku kebijakan terkait," tambah Royke. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved