Liputan Khusus

Tol Fungsional Ditutup Lagi Hari Ini

Instensitas pemudik yang balik ke ibukota sudah mengalami penurunan. Pada Sabtu (24/6) malam pun arus balik sudah mengalami penurunan

Tol Fungsional Ditutup Lagi Hari Ini
Tribun Jateng/Budi Susanto
Kemacetan terjadi di ruas Tol Fungsional Pemalang-Batang tepatnya di Bojong, Kabupaten Pekalongan, Selasa (12/6/2018). 

TRIBUNJATENG.COM - Sejumlah ruas tol fungsional bakal kembali ditutup pada hari ini, Senin (25/6), menyusul telah berakhirnya arus mudik-balik Lebaran gelombang kedua pada Minggu (24/6).

Hal itu seperti pada ruas Brebes-Semarang yang akan kembali ditutup pada Senin (25/6), seiring dengan berakhirnya Operasi Ketupat Candi 2018. Arus balik Lebaran diprediksi masih ada hingga tadi malam.

Kasatlantas Polres Tegal AKP, Ahmad Ghifar mengatakan, tol fungsional termasuk gerbang tol Kertasari, Suradadi, Kabupaten Tegal dibuka untuk arus balik hingga Senin (25/6) pagi pukul 06.00.

"Senin (25/6) pagi setelah pukul 06.00, tol fungsional ditutup," katanya, kepada Tribun Jateng, Minggu (24/6).

Menurut dia, lonjakan arus balik gelombang kedua terjadi dari Sabtu (23/6) sore hingga Minggu (24/6). ‎Meski demikian, Pos Terpadu dan personel masih akan disiagakan.

"Saat ini kondisi arus kendaraan pemudik di Kertasari terpantau masih landai. Kemungkinan nanti malam (tadi malam-Red) terjadi peningkatan kepadatan," lanjutnya.

Adapun, Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya mengatakan masa beroperasi tol fungsional Semarang-Batang untuk arus mudik dan balik 2018 berakhir pada hari ini, Senin (25/6).

Selanjutnya tol yang melintang Kabupaten Kendal itu akan ditutup untuk dilanjutkan proses pemabangunannya.
Tol itu akan ditutup pada Senin (25/6) pukul 06.00. Hal itu menyusul berakhirnya Operasi Ketupat pada Minggu malam (24/6).

"Operasi Ketupat selesai nanti pukul 12.00 malam (tadi malam-Red), dilanjutkan pembongkaran pos-pos pengamanan dan pelayanan," tuturnya.

Dengan ditutupnya jalan tol itu, menurut dia, kendaraan dilarang memasuki tol Semarang-Batang lagi. Kendaraan pemudik yang kembali ke ibukota akan dilewatkan ke jalan pantura.

"Instensitas pemudik yang balik ke ibukota sudah mengalami penurunan. Pada Sabtu (24/6) malam pun arus balik sudah mengalami penurunan," paparnya

Adiwijaya menyatakan, dengan ditutupnya tol, arus semua lalu lintas menjadi normal pada jalanan di Kabupaten Kendal seperti sedia kala.

"Sesuai dengan arahan Polda Jateng, tol akan ditutup untuk memberikan kesempatan Waskita melanjutkan proses pembangunan," tandasnya. (tim)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved