UIN Walisongo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri

Kami buka hingga 13 Juli 2018 mendatang. Daya tampung yang kami sediakan melalui jalur seleksi ujian mandiri

UIN Walisongo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri
net
UIN Walisongo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mulai Selasa (26/6/2018), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kembali membuka pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru. Yakni melalui jalur seleksi ujian mandiri tahun akademik 2018/2019.

“Kami buka hingga 13 Juli 2018 mendatang. Daya tampung yang kami sediakan melalui jalur seleksi ujian mandiri tersebut sebesar 10 persen dari total mahasiswa baru yang akan kami terima tahun ini,” kata Kasubbag Humas dan Informasi UIN Walisongo Semarang Astri Amanati.

Aci --sapaan akrab Astri Amanati-- kepada Tribunjateng.com, Senin (25/6/2018) mengutarakan, diperkirakan jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui jalur tersebut sekitar 400 orang.

“Namun masih bisa bertambah seandainya ada calon mahasiswa baru dari jalur PMB sebelumnya yang diketahui ternyata tidak melakukan registrasi ulang. Sehingga kouta secara otomatis dikompensasikan ke jalur mandiri,” terangnya.

Dia membeberkan, berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, pada tahun akademik 2018/2019 ini UIN Walisongo Semarang secara total menerima sekitar 4.023 mahasiswa baru yang kemudian dibagi ke dalam sekitar 11 program studi yang tersedia.

“Dan ujian mandiri ini merupakan jalur seleksi yang terakhir dalam PMB UIN Walisongo Semarang pada tahun ini. Untuk bisa mendaftarkan diri melalui jalur mandiri, calon mahasiswa bisa mengaksesnya melalui laman jalurmandiri.walisongo.ac.id,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Walisongo Semarang Dr Musahadi mengutarakan, biaya pendaftaran yang dikenakan untuk calon mahasiswa adalah Rp 200 ribu per orang.

“Pembayaran dapat dilakukan melalui mitra perbankan seperti BRI Syariah, Bank Jateng Syariah, BTN, maupun Bank Mandiri paling lambat sama seperti masa terakhir pendaftaran yakni 13 Juli 2018 pukul 15.00,” jelas Musahadi.

Untuk cetak kartu peserta ujian, tambahnya, paling lambat dilakukan pada 16 Juli 2018 pukul 23.59. Ujian melalui jalur tersebut dilaksanakan pada 25 Juli 2018 mendatang. Kemudian diumumkan hasil ujian atau seleksinya pada 3 Agustus 2018 mendatang. Termasuk di dalamnya diumumkan besaran uang kuliah tunggal (UKT) di tiap prodi atau per mahasiswa.

“Agar saat melakukan proses pendaftaran bisa cepat, dokumen yang harus disiapkan adalah kartu identitas diri yang masih berlaku. Lalu data sekolah seperti nama sekolah, nomor NPSN sekolah, serta jurusan atau kelompok kelas di sekolah asal. Dan yang tidak kalah pentingnya, alamat email yang digunakan adalah milik sendiri serta senantiasa aktif,” bebernya.

Dia menambahkan, pada seleksi ujian mandiri UIN Walisongo Semarang ini, dibagi menjadi dua kelompok peserta. Yakni kelompok IPA atau campuran serta kelompok IPS. Untuk IPA atau campuran bisa memilih di semua prodi yang tersedia. Sedangkan yang IPS, selain prodi eksakta.

“Eksakta yang kami maksud itu seperti Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, mapun Teknologi Informasi,” tutur Musahadi. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help