KEREN! Aplikasi Semarang Smart Transportation City, Bisa Pantau Kedatangan BRT

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang melakukan soft launching aplikasi Semarang Smart Transportation City, Jumat (29/6/2018).

KEREN! Aplikasi Semarang Smart Transportation City, Bisa Pantau Kedatangan BRT
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Salah satu halte BRT Trans Semarang yang berada di Simpang Lima yang sudah di lengkapi aplikasi Semarang Smart Transportation City, Jumat (29/6). Dengan adanya aplikasi ini memudahkan penumpang untuk mengetahui jurusan bus selanjutnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang melakukan soft launching aplikasi Semarang Smart Transportation City, Jumat (29/6/2018).

Dengan aplikasi tersebut, penumpang Bus Rapit Transit (BRT) Trans Semarang dapat memantau kedatangan bus dari layar Passenger Information System (PIS) yang dipasang di dalam shelter atau halte.

Seorang calon penumpang BRT di shelter Simpanglima, Indah Marwati (28) mengatakan, adanya layar informasi tersebut, dirinya dapat melihat grafik pergerakan bus Trans Semarang yang akan dinaikinya.

Sehingga ia dapat memperkirakan berapa lama kedatangan bus.

"Ya bagus lah jadi perjalanan bus terpantau jelas di layar. Sehingga memudahkan saya sebagai penumpang karena bisa memperkirakan kedatangan bus. Jadi misal masih jauh, kan bisa mainan Hp dulu daripada jenuh," katanya.

Sebelum ada layar monitor tersebut, Indah tidak tahu berapa lama bus yang ditunggu akan datang karena tidak ada informasi. Untuk mengetahui kedatangan bus, ia harus melihat dari kejauhan bus yang masuk kawasan Simpanglima.

"Kalau dulu kan harus tengak tengok ke jalan. Kalau busnya kelihatan, langsung siap-siap. Tidak sempat mainan Hp karena takut bus mendadak datang," ucapnya.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, untuk saat ini aplikasi tersebut masih dilakukan ujicoba pada shelter Simpanglima saja.

Jika berhasil, nantinya akan diterapkan di beberapa shelter lain.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved