Tim Karate Kodam IV Diponegoro Perbanyak Latih Tanding Jelang Porad

Bisa dibayangkan bagaimana riuhnya Dojo yang terletak di Jalan Semarang-Ungaran siang itu

Tim Karate Kodam IV Diponegoro Perbanyak Latih Tanding Jelang Porad
Tribunjateng.com/Rival Al-Manaf
Ketua Cabang Olahraga Karate, Kodam IV Diponegoro, Kolonel Czi Suardi S (hitam) memberikan arahan kepada para atletnya seusai latih tanding di Dojo Kodam IV Diponegoro, Ungaran, Sabtu (30/6). Tribun Jateng/ Rival Almanaf 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Teriakan-teriakan semangat yang mengiringi setiap pukulan dan tendengan terdengar hingga luar Dojo Kodam IV Diponegoro di Ungaran, Sabtu (30/6/2018).

Teriakan yang lebih dikenal dengan sebutai kiai dalam olahraga bela diri Karate tersebut memang sering diletupkan dengan penuh semangat oleh para atlet. Terlebih hari itu bukan atlet biasa yang berlatih, namun olahragawan yang juga seorang TNI AD.

Dalam keseharian, tentara selalu menjalankan rutinitas dengan teriakan semangat. Saat atasan memerintah, teriakan 'siap' dilontarkan. Bisa dibayangkan bagaimana riuhnya Dojo yang terletak di Jalan Semarang-Ungaran siang itu.

Sebanyak 26 atlet karate dari Kodam IV Diponegoro siang itu menjalani latih tanding dengan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Jateng. Sparing itu dilakukan untuk memantapkan para anggota TNI dalam Pekan Olah Raga Angkatan Darat (PORAD).

Rencananya kompetisi yang akan diikuti tiap Komando Daerah Militer se Indonesia itu akan digelar di Akmil Magelang mulai 19 Juli mendatang. Ada sebelas nomor yang akan dipertandingkan dalam cabor Karate PORAD.

Mulai nomor kata beregu putri, kata perorangan putri, kumite putra kelas 55, 60, 70, 75, 80, di atas 80, kumite kelas bebas dan beregu putra. Kata adalah pertandingan karate dengan keselarasan gerak yang menjadi penilaian utama. Sedangkan Kumite adalah pertandingan duel dengan penilaian pukulan dan tendangan yang mengenai sasaran.

Ketua Cabang Olahraga Karate, Kodam IV Diponegoro, Kolonel Czi Suardi S menyampaikan hingga kini timnya sudah tiga bulan mempersiapkan diri. "Ini merupakan uji coba yang ke empat yang telah kami lakukan sengaja kami pilih lawan yang berat karena kompetisi sudah semakin dekat," terang Suardi saat ditemui Tribun Jateng.

Dalam PORAD mendatang ada 11 emas tersedia untuk cabang olah raga Karate. Ia menargetkan dari jumlah itu bisa mebawa pulang delapan emas. Target tersebut memang dipandang cukup berat, namun Suardi enggan optimis dengan kerja keras bisa diraih.

"Semua lawan kami anggap berat, nggak ada lawan mudah di PORAD karena kami juga nggak bisa mengatakan kemampuan yang dipunya lebih dari yang dimiliki tim lain, makanya memang harus kerja keras," tegasnya.

Halaman
123
Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help