Pilkada 2018

Yon Daryono Lanjutkan Proses Hukum

Ketua Panwas Kabupaten Banyumas Yon Daryono mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan proses hukum terhadap 10 perkara.

Yon Daryono Lanjutkan Proses Hukum
FACEBOOK
Ketua Panwas Banyumas, Yon Daryono 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Ketua Panwas Kabupaten Banyumas Yon Daryono mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan proses hukum terhadap 10 perkara.

10 kasus dugaan money politics itu kini ditangani oleh Sentra Gakkumdu karena mengarah pada dugaan tindakan pidana.

Satu kasus di antaranya terjadi di Desa Susukan Sumbang, 2 kasus di Kecamatan Kebasen, 2 kasus di Kecamatan Wangon, 1 kasus di Lumbir, 1 kasus di Pekuncen, 2 kasus di Ajibarang, dan 1 kasus di Kecamatan Cilongok.

Menurut Yon, modus dugaan praktik money politic itu dengan memberikan sejumlah uang atau amplop kepada pemilih.

Dari tangan terduga pelaku di beberapa lokasi berbeda itu, petugas berhasil menyita sejumlah uang dengan nominal beragam, mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 10 juta di Kecamatan Cilongok.

Pencabutan laporan kasus dugaan money politic di Desa Susukan oleh PDI P Banyumas tak menghentikan penanganan kasus tersebut oleh Sentra Gakkumdu.

Demikian halnya dengan 9 kasus dugaan money politic lain yang masih ditangani Sentra Gakkumdu. Meskipun, kasus-kasus itu dicabut oleh pelapornya nantinya.

Panwas tinggal mengubah status kasus itu dari mulanya laporan masyarakat menjadi temuan untuk melanjutkan penanganan perkara tersebut.

"Kalaupun nanti dicabut laporannya, penanganan kasus ini tetap berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Karena ini jadi temuan," katanya. (tribunjateng/cetak/Aqy)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help