Seleksi Masuk PTN

Cek Hasil SBMPTN Klik di Sini, Jika Belum Diterima masih Ada Jalur Mandiri

Pada Selasa (3/7) sore atau sekitar pukul 17.00, hasil seleksi melalui jalur SBMPTN di seluruh kampus negeri

Cek Hasil SBMPTN Klik di Sini, Jika Belum Diterima masih Ada Jalur Mandiri
net
Pada Selasa (3/7) sore atau sekitar pukul 17.00, hasil seleksi melalui jalur SBMPTN di seluruh kampus negeri 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pasca ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) Tahun Akademik 2018/2019 dilaksanakan pada awal Mei 2018 lalu, kini waktu dinanti-nanti puluhan ribu pendaftar telah tiba.

Pada Selasa (3/7) sore atau sekitar pukul 17.00, hasil seleksi melalui jalur SBMPTN di seluruh kampus (universitas) negeri bakal diumumkan secara serentak yakni melalui pengumuman.sbmptn.ac.id. Termasuk juga mereka yang mendaftarkan diri di Panlok 42 SBMPTN Tahun 2018 ini.

“Silakan Selasa (3/7) sore hasilnya sudah bisa dilihat. Itu secara nasional. Kami di tingkat universitas sekadar pihak pelaksana untuk kegiatan penyelenggaraan SBMPTN sesuai wilayah yang ditentukan,” ucap Ketua Panlok 42 Semarang SBMPTN 2018 Prof Dr Rustono.

Kepada Tribun Jateng, Senin (2/7), Rustono berpesan kepada para pendaftar yang esok masuk ke dalam kategori calon mahasiswa baru yang diterima atau lolos seleksi diharapkan untuk segera mempersiapkan diri di tahapan berikutnya.

Yang lolos seleksi harus lakukan registrasi ulang atau mengupload dokumen yang dibutuhkan secara online mulai Rabu (4/7) hingga Selasa (10/7). Apabila yang bersangkutan tidak melakukannya, kami anggap tidak mau melanjutkan dan secara otomatis digugurkan,” ucap Rustono.

Terkhusus di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Wakil Rektor I Bidang Akademik Unnes tersebut mengutarakan, langkah atau tahapan selanjutnya yakni pengumuman uang kuliah tunggal (UKT) pada 16 Juli 2018, dilanjut pada 16 hingga 20 Juli 2018 untuk proses pembayaran UKT.

“Tes kesehatan kepada calon mahasiswa baru dilaksanakan pada 17-20 Juli 2018 dan terakhir verifikasi dokumen hingga proses foto kartu tanda mahasiswa dilaksanakan di waktu bersamaan selama 4 hari itu. Untuk jumlah maba yang kami terima pada SBMPTN masih sama sesuai kouta yakni 2.828 orang,” ucapnya.

Jalur Mandiri

Sementara itu, Rustono pun meminta kepada para pendaftar SBMPTN Tahun 2018 yang ternyata tidak lolos seleksi untuk tidak khawatir. Bagi yang masih berniat diri untuk masuk di perguruan tinggi negeri (PTN) khususnya di Unnes, masih ada 1 jalur lainnya.

“Silakan masuk atau mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Mandiri Unnes Tahun 2018. Jumlah mahasiswa yang akan kami terima melalui jalur tersebut sekitar 2.220 calon mahasiswa baru. Pendaftarannya masih kami buka hingga 8 Juli 2018 mendatang,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Dr Musahadi. Masih ada jalur lain selain SBMPTN yang bisa diikuti para calon mahasiswa baru di tingkat PTN.

“Di UIN Walisongo Semarang masih ada jalur mandiri. Pembukaan pendaftaran sudah kami buka sejak 26 Juni 2018 lalu dan akan kami tutup pada 13 Juli 2018 mendatang. Silakan dicoba. Informasi lengkapnya bisa buka laman kami jalurmandiri.walisongo.ac.id,” tukasnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help