Larangan Mantan Napi Jadi Caleg, KPU Solo: Kami Tak Akan Sosialisasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlakukan larangan mantan napi jadi caleg. KPU Solo menegaskan tak akan melakukan sosialisasi ke Parpol.

Larangan Mantan Napi Jadi Caleg, KPU Solo: Kami Tak Akan Sosialisasi
tribunjateng.com/HERMAWAN HANDAKA
REKAP SUARA- Petugas dari KPU sedang melakukan proses penghitungan rekapitulasi suara Pemilu Legislatif di gedung Balaikota lantai 8 Kota Semarang, Sabtu (19/04). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlakukan larangan mantan napi jadi caleg. Terkait hal tersebut, KPU Solo menegaskan tak akan melakukan sosialisasi ke Parpol.

KPU Solo resmi memberlakukan aturan menjadi PKPU Nomor 20 tahun 2018 terkait Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Aturan ini resmi memberlakukan larangan pencalonan caleg dari mantan narapidana kasus korupsi dan akan diterapkan dalam pencalonan caleg di Pemilu 2019.

Setyo Budiarto, Kasubbag Teknis dan Penyelenggara KPU Solo menjelaskan, pihaknya tak akan melakukan sosialisasi terkait hal tersebut.

"Tidak, tidak sosialisasi. Kita mengumumkan saja. Kami menganggap semua sudah tahu," ungkapnya, Senin (2/7/2018).

Dirinya pun menjelaskan, KPU Solo telah mengantongi nama-nama anggota parpol nyaleg yang sebelumnya telah menjadi mantan narapidana.

"Di Solo ada. Kita sudah mengantongi nama-nama siapa saja," ujarnya.

Dirinya pun mewanti-wanti parpol untuk waspada. Sebab, menurutnya jika Parpol tetap mendaftarkan mantan napi di pileg 2019 maka akan diblacklist.

"Pemilihan legislatif ini kan daftarnya sekali. Partai manapun harus mencalonkan dengan mengikuti aturan yang berlaku," katanya.

Lebih jauh, Setyo menerangkan aturan tersebut sah dan berlaku, walaupun tak diundangkan Kemenkumham. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved