Pendaftaran Calon Jemaah Haji di Kantor Kemenag Batang Kini Cukup Satu Pintu

Kantor Kemenag Kabupaten Batang telah memberikan layanan pendaftaran calon jemaah haji melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Pendaftaran Calon Jemaah Haji di Kantor Kemenag Batang Kini Cukup Satu Pintu
Tribun Jateng/Dina Indriani
Kasi penyelenggara Haji dan Umroh (PHO) Kantor Kemenag Batang, Abdul Wahab saat ditemui Tribunjateng.com, di ruang kerjanya Senin (2/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang telah memberikan layanan pendaftaran calon jemaah haji melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), hal itu untuk mempermudah masyarakat.

Pelayan PTSP Kantor Kemenag Batang sudah mulai beroperasi 25 Juni 2018 lalu.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHO) Kantor Kemenag Batang, Abdul Wahab mengatakan, bahwa PTSP menjadi inovasi baru yang tujuannya untuk memudahkan akses pelayanan yang prima kepada jemaah.

"Jadi memang ini sebuah inovasi baru selain mempermudah masyarakat juga agar lebih efisien dalam memangkas waktu pelayanan haji dan umrah sebagai bagian dari semangat kami melayani masyarakat Batang," tuturnya kepada Tribunjateng.com, Senin (2/6/2018).

Dikatakannya, sistem tersebut diberikan karena selama ini masyarakat Batang yang ingin mengurus administrasi terkait haji dan umrah prosesnya bisa berjam-jam karena terkendala di bank.

"Memang kendalanya saat proses ke bank, karena rata-rata masyarakat setelah mengurus administrasi di Kemenag harus keluar mengurus ke bank tujuan masing-masing yang jaraknya cukup jauh dari kemenag itu yang membuat prosesnya bisa berjam-jam," terangnya.

Adanya PTSP ini pengurusan dalam pendaftaran haji dan umroh bisa diurus dalam waktu yang cukup singkat atau hanya hitungan menit, meski masih terkendala dengan gedung yang belum representatif.

Kemenag terpaksa harus menyewa gedung di koperasi di depan Koramil Batang selama dua tahun.

"Insya Allah secara bertahap pembangunan fisik dapat terealisasi, dan semoga upaya melayani masayarakat dapat dirasakan manfaatnya dan kemenag menjadi lebih dekat dengan masyarakat Batang," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah, Kemenag di tingkat kabupaten/kota yang sudah menggelar PTSP hanya Batang, Demak, Kudus, dan Brebes. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved