Wakil Bupati Suyono Datangi Pabrik yang Tidak Bayar Upah Lembur dan THR nggak Penuh

Wakil Bupati Batang, Suyono mendapatkan banyak aduan karyawan CV. Feilin yang tidak mendapatkan uang lembur dan THR

Wakil Bupati Suyono Datangi Pabrik yang Tidak Bayar Upah Lembur dan THR nggak Penuh
tribunjateng/dina indriani
Wakil Bupati Suyono datangi pabrik kayu lapis CV. Feilin di Desa Banaran Kecamatan Banyuputih, Selasa ( 3/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Wakil Bupati Batang, Suyono mendapatkan banyak aduan karyawan CV. Feilin yang tidak mendapatkan uang lembur dan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan penuh.

Karena banyak aduan tersebut Wakil Bupati Suyono datangi pabrik kayu lapis CV. Feilin di Desa Banaran Kecamatan Banyuputih, Selasa ( 3/7/2018).

"Kami datang ke sini karena mendapatkan aduan dari karyawan, yang tidak mendapatkan uang lembur dan uang THR yang tidak dibayar penuh hanya mendapat Rp.600 ribu," tutur Suyono.

Tidak hanya itu, dikatakannya sistem pola kerja yang diterapkan perusahaan juga tidak sesuai dengan UU ketenagakerjaan sehingga sangat merugikan karyawan.

Suyono menegaskan jika memang ini terjadi pada perusahaan lainnya juga, Pemerintah Daerah akan mencabut izinnya.

"Sebelum Pemkab mencabut izinnya, kami beri kesempatan Perusahaan untuk memperbaikai sistem ketenagakerjaan yang sesuai perundang - undangan, berikan apa yang menjadi hak karyawan," tegas Suyono.

Tak hanya pihak perusahaan, karyawan juga tak luput dari himbauannya karena sebagai pekerja harus memiliki tanggung jawab dalam pekerjaanya, disiplin karyawan dan etos kerja dan profesional berpengaruh pada hasil kerja yang maksimal.

"Kami peringatkan kepada CV Fielin jangan ada lagi intimidasi karyawan, jangan ada PHK dan jangan ada penerimaan karyawan sebelum masalah selesai," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga meminta permasalahan itu bisa diselesaikan dengan baik - baik, karena karyawan hanya menuntut haknya sebagai pekerja yang selama ini belum dipenuhi oleh pihak perushaan.

Pimpinan Perushaan Kayu Lapis CV Feilin Zhu Young Dun mengatakan, untuk kedepan Perusahaan akan memperbaiki sistem ketanagakerjaan yang sesuai dengan peraturan dan perundang undangan, karena selama ini Perusahaan belum memberikan hak dan kewajiban karyawan yang sesuai perundang - undangan. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved