Inilah Penyebab Komstir Sepeda Motor Bisa Cepat Rusak

Handling sepeda motor yang sudah tidak stabil menjadi masalah tersendiri bagi pengendara

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Handling sepeda motor yang sudah tidak stabil menjadi masalah tersendiri bagi pengendara, seperti susah belok atau kemudi yang berat dan keras saat berputar.

Bahkan resiko terbesar dari permasalahan ini bisa saja membawa pengendara kepada kecelakaan.

Komponen yang paling rentan menjadi penyebab dari handling yang rusak tersebut adalah komstir atau komponen steering head.

Erwin Susanto, mekanik bengkel Sampangan motor menuturkan bahwa komstir yang rusak bisa terjadi karena beberapa kemungkinan.

"Kemudi pada sepeda motor yang sudah tidak stabil biasanya paling banyak disebabkan karena kerusakan komstir. Ada beberapa kemungkinan mengapa komstir juga bermasalah," tuturnya, Kamis (5/7/2018).

Masa pakai sangat berpengaruh terhadap komstir, lanjut Erwin, di mana biasanya komstir usianya sekitar dua tahun. Lebih dari masa pakai tersebut, Dirinya lebih merekomendasikan untuk menggantinya.

Jalan yang berlubang dan area terjal menjadi faktor lain yang berpengaruh terhadap kerusakan komstir.

"Kondisi jalan yang rusak, membuat kinerja komstir lebih berat. Apalagi jika pengendara kurang bisa mengondisikan," tambahnya.

penyebab lainny adalah dudukan bola-bola atau pelor yang sudah aus. Hal tersebut bisa saja karena perawatan yang tidak maksimal.

Kemungkinan lain adalah shockbreaker depan sepeda motor yang sudah aus atau keras, di mana hal ini membuat dudukan bola-bola komstir menjadi cepat rusak pula.(*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help