Pilkada 2018

Partisipasi Pemilih di Kabupaten Batang Hanya 63,72 Persen

"Setelah penghitungan dalam rekapitulasi surat suara dari 15 kecamatan, presentase partisipasi pemilih Pilgub ini berjumlah 63, 72 persen

Partisipasi Pemilih di Kabupaten Batang Hanya 63,72 Persen
tribunjateng/dina indriani
Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan surat suara pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 partisipasi pemilih di Kabupaten Batang hanya 63,72 persen. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan surat suara pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 partisipasi pemilih di Kabupaten Batang hanya 63,72 persen.

Angka tersebut belum memenuhi target yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 77,5 persen.

"Setelah penghitungan dalam rekapitulasi surat suara dari 15 kecamatan, presentase partisipasi pemilih Pilgub ini berjumlah 63, 72 persen, memang di luar target internal yang telah ditentukan yaitu 77,5 persen," terang Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto.

Adi mengatakan bahwa tidak tercapainya target partisipasi pemilih akan menjadi bahan evaluasi.

"Yang pasti ini akan dievaluasi apa faktor-faktor penyebabnya, jika boleh berbicara mengenai upaya, kami sudah gencar melakukan sosialisasi sebelumnya, kami akan evaluasi lagi," ujarnya, Kamis (5/7/2018.

Berdasarkan hasil rekapitulasi rapat pleno terbuka tertera jumlah total keseluruhan DPT, sebanyak 588.311.

Jumlah suara sah mencapai 353.439 suara sedangkan jumlah suara tidak sah mencapai 20.619 suara, jadi jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 374.058 pemilih.

Pada tahapan rekapitulasi penghitungan ini, Adi menjelaskan saat pengecekan ada bebepa yang harus dikoreksi terkait dengan pemilih disabilitas dan pemilih tambahan.

"Penghitungan dari 15 kecamatan, masing-masing saksi tidak ada keberatan baik terkait dari data pemilih penggunaan surat suara, maupun perolehan suara atau penghitungan suara. Namun saat pengecekan ada beberapa kecamatan yang kami koreksi terkait pencatatan pemilih disabilitas dab pemilih tambahan, jadi harus ada data yang disinkronkan" terangnya.

Untuk perolehan suara pasangan calon nomor urut satu Ganjar Pranowo dan Taj Yasin mendapatkan 224.409 suara, pasangan nomor urut dua Sudirman Said dan Ida Fauziah 129. 030 suara.

"Hasilnya dari rekapitulasi ini yaitu, pasangan nomor urut satu unggul dalam perolehan suara di tingkat Kabupaten Batang dengan perolehan 224.409 suara sedangkan pasangan nomot urut dua 129.030 suara," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help