Batang belum Punya Museum untuk Simpan Puluhan Arca Bersejarah

Disdikbud Batang berencana untuk memberikan tempat khusus atau museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

Batang belum Punya Museum untuk Simpan Puluhan Arca Bersejarah
tribunjateng/dina indriani
Arca-arca bersejarah yang tersimpan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Puluhan arca dari situs peninggalan sejarah yang ditemukan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Batang sudah dijaga dan disimpan dengan baik di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang.

Disdikbud berencana untuk memberikan tempat khusus atau museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

Hal itu juga bisa menjadi tempat edukasi untuk masyarakat, terlebih di Kabupaten Batang belum mempunyai Museum.

"Ada 36 arca yang tersimpan di sini, saya rasa benda-benda bersejarah mempunyai nilai edukasi yang sangat tinggi, apalagi dengan bukti yang nyata. Daripada hanya disimpan saja di kantor masyarakat juga mungkin belum banyak yang tau, untuk itu kami berencana ditempatkan khusus seperti museum, terlebih di Kabupaten Batang belum ada museum," terang Kepala Disdikbud, Achmad Taufiq, Jumat (6/7/2018)

Hal itu juga dibenarkan oleh Kabid. Kebudayaan Disdikbud, Kustania yang mengatakan rencana tersebut sudah dalam pengajuan kepada Bupati Batang.

"Jadi rencananya kami ingin ada gedung khusus yang edukatif, di situ ada museumnya, sanggar tari, dan juga pusat oleh oleh. Saat ini sudah dalam proses pengajuan ke Bupati," tuturnya.

Dikatakan Kustania, lokasi yang sudah menjadi rencana tersebut terletak di gedung yang saat ini masih digunakan sebagai kantor Bapera.

"Rencana kami, di gedung Bapera karena yang saya tau Bapera akan mendirikan tempat sendiri. Dan di situ juga lokasinya strategis di pinggir jalan pantura dan mudah dijangkau oleh masyarakat," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved