Bumbunya Meresap ke Dalam Daging, Yuk Coba Sate Kerbau yang Jadi Lambang Tolerasi di Kudus

Selain sate daging kerbau bisa ditemukan dengan berbagai variasi mulai dari sate koyor, lidah, hati, babat, dan usus

Bumbunya Meresap ke Dalam Daging, Yuk Coba Sate Kerbau yang Jadi Lambang Tolerasi di Kudus
Seporsi kuliner sate kerbau dengan nasi putih, bumbu sambal kacang, dan cabai rebus di Warung Min Jastro, Kudus, Jawa Tengah. Sate kerbau merupakan salah satu makanan khas Kudus.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO) 

TRIBUNJATENG.COM - Liburan ke Kudus, Jawa Tengah, rasanya tak lengkap bila tak mencicipi kuliner sate kerbau. Kuliner sate kerbau bisa ditemukan di berbagai sudut Kota Kudus.

Salah satu warung yang menyediakan sate kerbau di Kudus adalah Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro.

Selain sate daging kerbau bisa ditemukan dengan berbagai variasi mulai dari sate koyor, lidah, hati, babat, dan usus. KompasTravel sempat mencicipi sate kerbau saat liburan di Kudus.

Saat itu, pilihan sajian sate kerbau hanya tinggal sate daging kerbau.

[
Seporsi sate kerbau yang dicampur dengan bumbu kecap dan cabai rebus di Warung Sate Kerbau Min Jastro, Kudus, Jawa Tengah. Sate kerbau merupakan salah satu makanan khas Kudus.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Sate kerbau di Kudus disajikan bersama nasi dan sambal bumbu kacang. Uniknya, cabai merah dan hijau rebus juga disajikan untuk menambah sensasi pedas.

Penikmat sate kerbau di Warung Sate Kerbau Min Jastro bisa mengambil bumbu sambal kacang sepuasnya. Bumbu sambal kacang disajikan terpisah dari hidangan sate kerbau.

Bumbu sambal kacang untuk sate kerbau di Kudus terasa lebih manis bila dibandingkan dengan bumbu-bumbu sate di Jakarta. Cabai rebus adalah kunci untuk menambah rasa.

Daging kerbau terasa cukup lunak dan agak pedas. Bumbu dari bahan rempah-rempah seperti ketumbar terasa meresap di daging.

;
Sunoto, generasi ketiga penerus Warung Sate Kerbau Min Jastro tengah membakar sate di warungnya. Sate kerbau merupakan salah satu makanan khas Kudus.(KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)

Generasi ketiga pengelola Warung Sate Kerbau Min Jastro, Sunoto mengatakan sate kerbau merupakan salah satu kuliner khas Kudus.

Menurutnya, sate kerbau banyak dinikmati dari segala kalangan mulai dari masyarakat biasa, pengusaha, aparatur pemerintahan daerah, hingga pejabat negara.

Halaman
123
Editor: muslimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved