Wall Street Ditutup Merah, Saham Facebook dan Apple Anjlok

Dow Jones Industrial Avarage merosot 0,54 persen menjadi 24.174,82 poin. Sementara, S&P 500 kehilangan 0,49 menjadi 2.713,22 poin.

Wall Street Ditutup Merah, Saham Facebook dan Apple Anjlok
Saham-saham di Wall Street melonjak pada Senin (9/9/2013) waktu setempat (Selasa pagi WIB), didorong oleh optimisme bahwa serangan militer terhadap Suriah kemungkinan bisa dihindari.

TRIBUNJATENG.COM, NEW YORK - Indeks saham-saham Wall Street ditutup melemah pada perdagangan Selasa, (3/7/2018). Tekanan pada pasar saham Amerika Serikat ini didorong pelemahan harga saham Apple, Facebook, dan perusahaan teknologi lain pada sesi perdagangan yang ditutup lebih awal kali ini.

Dow Jones Industrial Avarage merosot 0,54 persen menjadi 24.174,82 poin. Sementara, S&P 500 kehilangan 0,49 menjadi 2.713,22 poin.

Adapun indeks Nasdaq Composite melemah 0,86 persen menjadi 7.502,67. Dikutip melalui Straitstimes, saham Facebook sendiri melemah 2,35 persen setelah Washington Post memberitakan adanya kebocoran data dengan Cambdridge Analytica yang semakin luas dan akan menyangkut lebih banyak lembaga pemerintah.

Melemahnya saham Facebook bersamaan dengan Apple yang juga melemah sebesar 1,7 persen, menekan sektor teknologi S&P 500 sebsar 1,37 persen.

Saham sektor energi berhasil mempertahankan peningkatannya pada perdagangan kali ini bahkan setelah harga-harga minyak bumi berbalik arah tidak lama setelah pasar di buka akibat banyak pedagang yang membukukan laba.

Ketegangan di sketor perdagangan pun terus berlanjut, seiring dengan langkah Presden Trump pada Senin (2/7/2018) yang melawan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Selain itu, pada 6 Juli 2018 mendatang, AS akan secara efektif mulai memberlakukan tarif terhadap produk ekspor China senilai 34 dollar AS.

"Kondisi fundamental perusahaan-perusahaan cukup, begitu pula dengan ekonomi dalam jangka waktu yang singkat," ujar Managing Director CIBC Private Wealth Management Brant Houston.

Namun, dirinya menambahkan, dengan adanya pergerakan perdagangan global yang mengarah pada perang dagang, terdapat banyak ketidak pastian yang menggelayuti dunia perdagangan.

"Sampai kita mendapatkan kejelasan, akan sulit bagi investor untuk kembali ke pasar saham," lanjut dia. Saham American Airlines, United Continental, dan Delta Airlines merosot di antara 1 hingga 2,28 persen setelah Deutsche Bank menurunkan ketiga saham tersebut dan mengatakan perang dagang AS-China yang terus menyebar luas akan membebani ketiganya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saham Facebook dan Apple Anjlok, Wall Street Ditutup Merah"

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help