Wisuda UNS Solo, Rektor Berpesan Wisudawan Siap Hadapi Era Revolusi Industri Ke-4

Sebanyak 999 dilantik di Wisuda periode III tahun 2018, di Gedung Auditorium UNS Solo, Sabtu (7/7/2018).

Wisuda UNS Solo, Rektor Berpesan Wisudawan Siap Hadapi Era Revolusi Industri Ke-4
Istimewa
Rektor Ravik Karsidi saar melantik wisudawan UNS Solo periode III 2018, Sabtu (7/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sebanyak 999 dilantik di Wisuda periode III tahun 2018, di Gedung Auditorium UNS Solo, Sabtu (7/7/2018). Pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor Ravik Karsidi.

Dalam sambutannya, Ravik berpesan para wisudawan ini siap dalam menghadapi era Revolusi Industri ke-4.

Menurut Ravik, teknologi informasi saat ini telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Maka para wisudawan UNS tak boleh abai dengan segala teknologi tersebut.

"Segala hal terjadi karena dipengaruhi teknologi digital. Era ini akan mendisrupsi aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang iptek serta pendidikan tinggi," ujar Ravik.

Menurut Ravik, kesuksesan negara menghadapi revolusi industri 4.0 berkaitan dengan inovasi yang diciptakan oleh sumber daya yang berkualitas.
Atas dasar itu ia menilai Perguruan Tinggi harus dapat menjawab tantangan menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era globalisasi.

"UNS telah berinovasi dalam pembelajaran dan riset. Misal blended learning. Juga semua pelayanan di UNS, baik adminsitrasi maupun akademik sudah dilakukan secara online," terang dia.

Ia pun berpesan wisudawan UNS siap menghadapi tantangan revolusi industri ke-4 tersebut. Ia menilai Indonesia punya modal pasar domestik yang besar dan memiliki universitas yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Modal lainnya, adalah Indonesia sampai tahun 2030 dinilai akan terus menikmati Bonus Demografi dimana tenaga kerja dengan usia produktif begitu besar," jelasnya.

Wakil Rektor Akademik UNS Solo, Sutarno menambahkan UNS periode III 2018 kali ini melantik 999 wisudawan.

Jumlah tersebut terdiri dari lulusan Pascasarjana 152 wisudawan, Program Pendidikan Dokter Spesialis 7 wisudawan, Program Sarjana 658 wisudawan, Program Diploma IV 4 wisudawan, dan Program Diploma III sebanyak 178 wisudawan.

"Terdapat 513 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude," ujarnya.

Sutarno menambahkan, sejak UNS berdiri himgga saat ini, jumlah alumni adalah sebanyak 173.296 alumni. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved