CATAT! Dieng Culture Festival 9 pada 3-5 Agustus 2018

Selama 3 (tiga) hari, di kawasan Candi Arjuna dataran tinggi Dieng akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, jazz atas awan

CATAT! Dieng Culture Festival 9 pada 3-5 Agustus 2018
fotografer
dieng festival 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara kembali menggelar acara kebudayaan dalam Dieng Culture Festival IX yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 yang didukung oleh Kementrian Pariwisata dan berbagai institusi lain baik pemerintah maupun swasta.

Selama 3 (tiga) hari, di kawasan Candi Arjuna dataran tinggi Dieng akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, jazz atas awan, pertunjukan sendratari, pertunjukan musik dalam harmoni atas awan,  pesta lampion dan kembang api, dan puncaknya adalah acara ritual pencukuran rambut anak gembel di kompleks candi Arjuna, Dieng.

Menurut Alif Fauzi sebagai Koordinator Pokdarwis Dieng Pandawa, kendati acara tersebut di gagas dan dilaksanakan oleh pokdarwis desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, pihak penyelenggara juga melibatkan kelompok warga dari desa-desa lain di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, termasuk desa-desa dari Kabupaten Wonosobo. 

“Kawasan dataran tinggi Dieng ini, secara geografis terdapat di dua kabupaten, sebagian besar di wilayah Banjarnegara, dan sebagian lainnya di wilayah Kabupaten Wonosobo. Namun demikian, kita semua harus menjaga dan mengelola kawasan wisata dataran tinggi Dieng ini secara bersama-sama. Batasan geografis hanyalah soal administratif, Dieng milik semua orang yang harus dijaga dan dilestarikan secara bersama. Baik peninggalan sejarah, maupun kebudayaannya” Ujar Alif Fauzi menjelaskan.

Sementara itu ditempat yang terpisah, Budhi Sarwono selaku Bupati Banjarnegara mengharapkan para wisatawan baik dari dalam negeri dan luar negeri untuk hadir menikmati keragaman kebudayaan dan keindahan kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara.

“Silahkan hadir di festival kebudayaan yang dilangsungkan di kompleks candi Arjuna pada ketinggian 2160 meter di atas permukaan laut. Ada banyak pertunjukan, dan pameran produk-produk UMKM di Banjarnegara yang ikut memeriahkan Dieng Culture Festival kali ini” Ujar Budhi Sarwono.

Lebih lanjut Budhi Sarwono mengatakan bahwa, Dalam DCF ke-9 nanti akan digelar acara ritual cukur rambut gembel, jazz atas awan, kirab budaya, pesta kembang api, parade kesenian, pesta lampion, ekspo UKM dan purwaceng, yang dipusatkan di Komplek Candi Arjuna, Dieng Banjarnegara," kata Budhi Sarwono.

Saat ini panitia penyelenggara di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara tengah bergiat untuk mempersiapkan kegiatan kebudayaan yang diperkirakan akan dikunjungi lebih dari 100,000 ribu orang selama 3 hari festival berlangsung.

Penginapan atau homestay di desa Dieng Kulon maupun Dieng Wetan bahkan telah dipesan habis (sold out), sehingga panitia penyelenggara menyediakan penginapan alternatif berupa camping ground untuk tempat berkemah wisatawan yang hendak mengikuti acara Dieng Culture Festival 2018.

Kementrian Pariwisata RI telah menjadikan Dieng Culture Festival salah satu dari 100 Wonderful Events Indonesia 2018. Festival ini diharapkan menjadi magnet yang menarik bagi wisatawan untuk berkunjung dan berwisata di Indonesia.

"Festival telah menjadi ciri dan atraksi utama setiap daerah untuk menarik kunjungan wisatawan. Dalam satu tahun ini kita siapkan lebih dari 100 kegiatan festival yang diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air sebagai daya tarik untuk mendatangkan lebih banyak lagi kunjungan wisatawan. " Ujar Arif Yahya, Menteri Pariwisata, saat peluncuran FestInfest2018 lalu. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help