Pilgub Jateng

Sudirman-Ida Fauziyah Beri Empat Catatan untuk Pilgub Jawa Tengah 2018

"Hasil kajian kami, ada potensi sebanyak 3,7 juta nama-nama pemilih memberi indikasi tidak akuratnya jumlah dan identitas pemilih

Sudirman-Ida Fauziyah Beri Empat Catatan untuk Pilgub Jawa Tengah 2018
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Sudirman Said 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sudirman Said - Ida Fauziyah sampaikan apresiasi kepada masyarakat Jawa Tengah dalam berdemokrasi, penyelenggara Pilkada juga aparat keamanan dari tahap ke tahap.

"Seluruh tahapan Pilkada Jawa Tengah telah berjalan dengan baik. Kita patut apresiasi kedewasaan masyarakat Jawa Tengah dalam berdemokrasi," ujarnya pada konferensi pers di Patra Hotel and Convention Semarang, Senin (9/7/2018).

Selain itu, paslon nomor dua dalam Pilgub Jateng 2018 itu juga menyampaikan beberapa catatan yang dinilai penting untuk perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan demokrasi di Jawa Tengah, dan level yang lebih luas.

Terdapat empat catatan yang disebutkan.

Pertama, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Jawa Tengah 2018 yang dinilai bermasalah.

"Hasil kajian kami, ada potensi sebanyak 3,7 juta nama-nama pemilih memberi indikasi tidak akuratnya jumlah dan identitas pemilih Jawa Tengah," tutur Dirman.

Angka tersebut dinilai lebih besar daripada selisih perolehan suara antara pasangan nomor satu dan dirinya, yakni 10.362.694 suara atau 58,78 persen dan 7.267.993 suara pemilih atau 41,22 persen.

Permasalahan DPT tersebut juga dipandangnya belum ada penanganan yang serius oleh pihak-pihak berwenang.

Catatan kedua dari Dirman - Ida yang diusung oleh Partai Gerindra, PKB, PAN dan PKS adalah terbatasnya sosialisasi pasangan calon karena kegagalan lelang alat peraga kampanye berulang-ulang.

Halaman
12
Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved