Semester Pertama, Pendapatan Pajak Kabupaten Batang Capai 44,32 Persen.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Batang mencatat pada semester pertama periode bulan Januari hingga Juni tahun 2018

Semester Pertama, Pendapatan Pajak Kabupaten Batang Capai 44,32 Persen.
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Suasana pelayanan terpadu KPP Pratama Kabupaten Batang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Batang mencatat pada semester pertama periode bulan Januari hingga Juni tahun 2018 pendapatan pajak sebesar Rp 355 miliar dengan pencapaian 44,32 persen dari target yang telah ditentukan, dengan tingkat pertumbuhan 26,58 persen.

"Tercatat dari januari hingga juni atau pada semester pertama ini sudah tercapai 44,32 persen dengan nominal sebesar Rp 355 miliar dengan tingkat pertumbuhan 26,58 persen," terang Kepala Sub Bagian umum dan Kepatuhan Internal KPP Pratama Kabupaten Batang, Goro Tyasmono Aji kepada Tribunjateng.com, Selasa (10/7/2018).

Goro menjelaskan pencapaian pajak tersebut didapatkan dari 22 sektor seperti pertanian, pertambangan, industri pengolahan, pengadaan listrik dan gas, dan lainnya.

Sektor yang menyumbangkan pajak tertinggi yaitu di sektor konstruksi mencapai 30,54 persen atau sebesar Rp. 102 miliar.

"Berdasarkan data, dari 22 sektor yang menyumbangkan pajak terbesar yaitu sektor konstruksi mencapai 30,54 persen atau sebesar Rp 102 miliar, hal itu karena ada proyek Tol dan PLTU sedangkan yang terkecil jasa perseorangan sebesar 0,1 persen sebesar Rp. 33 juta," jelas Goro.

Merujuk pada tahun 2017 tercatat kepatuhan pajak di KPP Pratama Batang sudah mencapai 70 persen sesuai dengan patokan KPP pusat.

KPP Pratama juga berupaya meningkatkan ketaatan wajib pajak sesuai dengan standar nasional yaitu sebesar 70 persen.

Dikatakannya, untuk meningkatkan pendapatan pajak, KPP pratama melakukan langkah Ekstensifikasi dengan mendatangi sentra ekonomi dan program Intensifikasi yaitu melakukan pemeriksaan dan himbauan kepada wajib pajak.

"Upaya-upaya kami selalu berusaha maksimal, dengan langkah ekstensifikasi maupun intensifikasi dan juga penyuluhan kepada wajib pajak, dan harapannya Masyarakat yang membayarkan kewajiban Pajak di KPP Pratama Batang bisa meningkatkan kepatuhan pajak di tahun ini," ujarnya.

Pada tahun 2017, KPP Pratama mencatatkan prestasi dengan membukukan target 104 persen sebesar Rp. 601 miliar lebih. Dan tahun ini target meningkat sebesar 30 persen yaitu sebesar Rp. 756 miliar lebih.

"Dari Hasil tersebut KPP Pratama Batang menempatkan diri menjadi satu-satunya KPP dari 17 KPP di Jawa Tengah yang penerimaannya pajak melebihi target," pungkasnya.

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved