Daftar Bakal Calon DPD RI, KPU Bakal Tunggu Hingga Tengah Malam

Rabu (11/7/2018), menjadi hari terakhir untuk pendaftaran bakal calon anggota DPD RI pada Pemilu tahun 2019 di KPU Provinsi.

Daftar Bakal Calon DPD RI, KPU Bakal Tunggu Hingga Tengah Malam
tribunjateng/yasmine aulia
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mulai membuka pendaftaran bakal calon Gubernur Jawa Tengah Senin (8/1/2018). Kantor KPU Jateng dijaga ketat 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rabu (11/7/2018), menjadi hari terakhir untuk pendaftaran bakal calon anggota DPD RI pada Pemilu tahun 2019 di KPU Provinsi.

Hingga sekitar pukul 15.30 WIB, Muhamad Hakim Junaidi, komisioner KPU Jateng, menyebut sudah ada 19 calon yang mendaftar.

"Dari 24 bakal calon DPD RI yang memenuhi persyaratan pencalonan dan berhak mendaftar, hingga pukul 15.30 sudah ada 19 calon. Tinggal menunggu 5 orang lagi," tuturnya.

Sesuai dengan Peraturan KPU nomor 14 tentang pencalonan perseorangan calon DPD untuk, pada hari terakhir akan ditunggu hinggal pukul 24.00 WIB.

Sebanyak 19 orang pendaftar tersebut dilakukan dalam selama tiga hari, mulai tanggal 9 Juni hingga 11 Juli 2018, termasuk dari petahana sebanyak tiga orang, kecuali Akhmad Muqowam.

Jumlah yang berhak mendaftar pada tahun ini juga lebih sedikit, namun Hakim menuturkan bahwa yang dilihat bukan persoalan kuantitas.

"Bukan soal kuantitas. Kita berharap 24 oranb tersebut bisa mendaftar semua dan syukur bisa ditetapkan sebagai calon anggota DPD RI. Sehingga bisa membantu masyarakat untuk belajar demokrasi dan membantu KPU untuk mengajak masyarakat berpartisipasi pada hari H Pemilu," tambahnya.

Tahap selanjutnya selepas pendaftaran ini adalah penelitian dan verifikasi data yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 - 31 Juli 2018.

Selanjutnya terdapat masa perbaikan untuk syarat bakal calon.

"Tahapannya yang pasti masih lama, termasuk masa penelitian dan masa perbaikan. Sehingga penetapan calon ada pada Bulan September," bebernya. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved