Menteri BUMN : di Rest Area Tol Brebes-Tegal Bakal Ada Lapak Telur Asin

Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut bahwa produk lokal atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bakal hadir di rest area tol

Menteri BUMN : di Rest Area Tol Brebes-Tegal Bakal Ada Lapak Telur Asin
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah, kacamata hitam), mengunjungi rest area Penarukan, Kabupaten Tegal pada Ruas Tol Pejagan - Pemalang, Rabu (11/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut bahwa produk lokal atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bakal hadir di rest area tol dari Jakarta hingga Ngawi, termasuk wilayah Tegal.

Ia menuturkan, kuota bagi produk lokal atau UMKM yang hadir pada rest area yakni sebesar 30 persen.

Nantinya, kata Rini, produk lokal khas daerah akan terpampang di beberapa kios rest area yang telah disediakan.

"30 persen itu disiapkan untuk UMKM. Hal ini sudah disetujui Menteri Pekerjaan Umum (PU). Jadi, kalau di Cirebon bakal ada lapak kios Empal Gentong. Sedangkan di Brebes ada telur asin," ucap Rini saat mengunjungi rest area Penarukan, Kabupaten Tegal pada Ruas Tol Pejagan - Pemalang, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, kuota ketersediaan bagi UMKM merupakan program pembinaan dari BUMN untuk meningkatkan unit bisnis lokal yang terdampak hadirnya tol baru Brebes - Semarang.

Sebab, ia mengaku semenjak hadirnya tol fungsional Brebes - Semarang saat musim mudik lebaran, omzet penjualan para pedagang di sepanjang jalur pantura menurun.

Maka dari itu, Rini juga akan merangkul Pemerintah Daerah setempat, termasuk Kabupaten Tegal untuk membina para pelaku UMKM agar bisa ambil bagian di rest area tol.

"Jadi beberapa pelaku usaha kecil akan berada di rest area untuk lapak UMKM. Apabila berkembang, pelaku UMKM itu akan naik kelas ke lapak Komersil. Lapak UMKM yang kosong itu akan dihuni lagi oleh pelaku usaha kecil yang baru," paparnya.

Ramainya jalur tol, kata Rini, hanya terjadi saat musim liburan, long weekend, maupun musim mudik seperti beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help