Polimarin Semarang Jalin Kerjasama Pemerintah Inggris dan Kemnaker RI

Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang, menjalin kerjasama lintas kementrian. Upaya ini sekaligus untuk mendukung target pemerintah

Polimarin Semarang Jalin Kerjasama Pemerintah Inggris dan Kemnaker RI
Istimewa

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang, menjalin kerjasama lintas kementrian. Upaya ini sekaligus untuk mendukung target pemerintah membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kerjasama tersebut melibatkan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Tenaga Kerja dan pemerintah Inggris.

Kepala Bagian Politik Kedubes Inggris Theresa O'Mahony mengaku ingin membantu pemerintah Indonesia memperbaiki pendidikan tinggi vokasi. Sebab menurutnya hal itu merupakan fokus presiden Jokowi yang ingin mengembangkan sektor maritim.

Kerjasama yang dilakukan pemerintah Inggris tidak hanya dengan Polimarin Semarang. Namun juga beberapa perguruan tinggi maritim lain yang ada di Indonesia.

"Kami akan membantu dengan kurikulim, memberi saran yang bersifat teknis, dan ada kemungkinan ada ahli dari Inggris datang ke Indonesia membantu dengan kurikulum," ujarnya, Rabu (11/7).

Menurutnya mutu atau kualitas pendidikan maritim di Indonesia sudah cukup bagus hanya saja perlu ditingkatkan. Melalui kerjasama ini diharapkan bisa saling berbagi pengetahuan dan teknologi terbaru.

"Kami punya alat yang sangat canggih di Inggris, dan saya baru lihat alat-alat di sini yang juga sangat canggih. Siapa tahu bisa berbagi keahlian karena Indonesia dan Inggris sama-sama negara maritim tentu bisa saling berbagi keahlian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri mengatakan tahun depan yang menjadi fokus kerja presiden Jokowi adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebagai tangan kanan dari pemerintah pihaknya akan menjalankan tugas tersebut dengan fokus mengembangkan pelatihan vokasi lewat Balai Latihan Kerja (BLK) yang dimiliki.

Halaman
12
Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved