Sebelum Terbitkan Data Statistik, BPS Kabupaten Batang Undang Instansi dan Lembaga

Yang mana penyusunan dan penghitungan itu berisi hal-hal standar mengenai data kriminalitas, koperasi, kesehatan, dan lainnya

Sebelum Terbitkan Data Statistik, BPS Kabupaten Batang Undang Instansi dan Lembaga
dina indriani
Kepala BPS Kabupaten Batang, Tina Wahyufitri saat memberikan paparannya kepada puluhan instansi dan lembaga, di Hotel Sendangsari, Rabu (11/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Sebelum menerbitkan produk data statistik yang rencananya akan dilakukan pada bulan Agustus nanti, Badan Pusat Statistik (BPS) mengundang 44 instansi dan lembaga non profit untuk melakukan koordinasi di Hotel Sendangsari, Rabu (11/7/2018).

Dimana produk data statistik tersebut nantinya akan menjadi rujukan pemerintah maupun swasta untuk menghitung rancangan pembangunan, serta menghitung indeks atau acuan bagi investor ketika ingin berinvestasi di Kabupaten Batang.

"Sebelum dipublish atau diterbitkan nanti pada bulan Agustus, BPS sudah mengundang dahulu 44 instansi baik vertikal, OPD, BUMN, BUMD dan lembaga non profit yang datanya masuk ke Batang dalam angka, untuk melakukan koordinansi dan memeriksa apakah data yang kami olah terdapat kejanggalan,” tutur Kepala BPS Kabupaten Batang, Tina Wahyufitri.

Tina menjelaskan sebagai badan statistik, BPS bertugas untuk menyusun dan menghitung Batang dalam angka atau istilah di BPS yaitu Daerah dalam angka, dimana itu dilakukan diseluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

"Yang mana penyusunan dan penghitungan itu berisi hal-hal standar mengenai data kriminalitas, koperasi, kesehatan, dan lainnya dalam satu Kabupaten/Kota. Data tersebut nantinya sangat berguna untuk perbandingan antar daerah dan juga sebagai acuan investor dan kementrian serta siapapun yang membutuhkan," jelas Tina.

Dikatakannya juga bahwa dengan adanya koordinasi bermanfaat untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk saling memanfaatkan dengan saling tukar data berdasarkan Batang dalam angka.

"Dengan sinergitas dan saling berkoordinasi masing-masing intansi akan berkesinambungan sehingga masyarakat atau pihak lain yang membutuhkan data Batang dalam angka tidak bingung," pungkasnya

Informasi secara mendetail tentang Kabupaten Batang terkait data Batang dalam angk, setiap tahunnya tmrutin dipublish oleh BPS Kabupaten Batang, secara online melalui webstite BPS dan dibukukan yang bisa dilihat di Diskominfo. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help