Home »

Solo

Dispendukcapil Solo Masih Menunggu Petunjuk Teknis Kemendagri Soal Aliran Kepercayaan

Saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo, masih menunggu petunjuk teknis dari Kemendagri terkait hal tersebut.

Dispendukcapil Solo Masih Menunggu Petunjuk Teknis Kemendagri Soal Aliran Kepercayaan
net
Ilustrasi Penghayat Kepercayaan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat terkait teknis pergantian data di kartu keluarga (KK) dan KTP elektronik bagi penganut aliran kepercayaan.

Saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo, masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kemendagri terkait hal tersebut.

Surat dari Kemendagri yang ditujukan kepada Dinas Kependudukan itu menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi nomor 97/PUU-XIV/2016 dan Permendagri nomor 118 tahun 2017 terkait Blangko Kartu Keluarga Register dan Akta Pencatatan Sipil.

Terkait hal tersebut, Kepala Dispendukcapil Solo, Suwarta membenarkan adanya surat mengenai aliran kepercayaan.

Saat ini Suwarta masih menunggu surat tertulis dari Kementerian tersebut.

"Masih dimatangkan oleh tim teknis Dirjen Pendukcapil Kemendagri, jadi belum ada tataran terkait implementasinya," terangnya, Kamis (12/7/2018).

Suwarta menjelaskan bila saat ini Dispendukcapil Solo berkoordinasi dengan tim dari pusat maupun Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo terkait data jumlah penganut aliran kepercayaan di Solo.

Pihaknya pun meminta pemerintah pusat, jika nantinya sudah ada perintah untuk perubahan data maka teknis aplikasinya dapat diperbarui.

"Bila nanti telah diberlakukan, kami meminta aplikasinya diupgrade. Artinya dipermudah. Teknis aplikasi sudah tersedia, di masing-masing daerah berdasarkan permohonan," kata dia.

Disinggung terkait jumlah penganut aliran kepercayaan di Kota Solo, Suwarta mengaku saat ini tak dapat memastikannya. Data terakhir, katanya, tercatat 11.680 penganut aliran kepercayaan di Solo.

Sebelumnya, Kabid Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo, Maretha Dinar, menjelaskan berdasar data yang dimiliki Pemkot Solo, terdapat sebanyak 11.680 penganut aliran kepercayaan di Solo. Data tersebut adalah data akhir tahun 2017.

"Dari jumlah itu dibagi dalam 20 kelompok," katanya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help