Kasatlantas AKBP Yuswanto: Minggu Depan Blanko SIM sudah Tersedia

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi memastikan minggu depan blanko SIM akan kembali tersedia

Kasatlantas AKBP Yuswanto: Minggu Depan Blanko SIM sudah Tersedia
TRIBUNJATENG/WID
Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi memastikan minggu depan blanko SIM akan kembali tersedia 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi memastikan minggu depan blanko SIM akan kembali tersedia.

Oleh karena itu, masyarakat yang kini masih mendapatkan SIM sementara sudah bisa menukarkan dengan yang paten mulai Kamis depan.

"Saya pastikan minggu depan sudah ada, kalau kenapa kemarin habis saya kurang tahu karena pengadaannya langsung dari Korlantas. Hanya saja memang sudah mendapat konfirmasi bahwa minggu depan akan tersedia," jelas Ardi, Kamis (12/7/2018).

Untuk sementara ini masyarakat yang mengajukan pembuatan SIM baru atau perpanjangan diberikan SIM pengganti sementara. Meski demikian, proses pembayaran biaya pembuatan tetap harus dibayar dahulu meski blangko belum tersedia.

"Alur mekanisme pembuatan SIM memang di awal kita harus membayar ke BRI dulu baru proses pembuatan. Jadi memang alur-nya seperti itu harus membayar dahulu baru proses," beber Ardi.

Namun karena saat memproses materialnya habis jadi SIM sementara yang diberikan. Saat material sudah tersedia masyarakat bisa langsung menukarkan tanpa ada tambahan biaya.

"Ya langsung saja, tinggal bawa kartu identitas dan surat sementaranya langsung bisa ditukarkan," tegas Ardi.

Ia memastikan meski disebut SIM sementara namun fungsinya tetap sama dengan yang permanen. Jika pemilik SIM sementara nantinya diperiksa petugas maka surat tersebut menjadi izin mengemudi yang sah. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help