KEREN! Kota Tegal Bakal Punya Aplikasi Layanan Adminduk. Ubah Data Lewat HP Saja

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) Kota Tegal akan mengeluarkan aplikasi layanan Adminduk cepat.

KEREN! Kota Tegal Bakal Punya Aplikasi Layanan Adminduk. Ubah Data Lewat HP Saja
akhtur gumilang
Sosialisasi Adminduk Digital di Pendopo Kecamatan Tegal Timur, Kamis (12/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) Kota Tegal akan mengeluarkan aplikasi layanan Adminduk cepat.

Hal itu disiapkan agar masyarakat tidak perlu mengantri lagi dalam melakukan perubahan data.

Kepala Dispendukcapil Kota Tegal Basuki menuturkan, pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan cepat karena jaman sudah berkembang dan serba aplikasi.

Dalam waktu dekat, Disdukcapil akan mewujudkan aplikasi tersebut sehingga masyarakat tidak perlu datang lagi ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perubahan data.

"Karena cukup dirubah dengan aplikasi yang sudah ada, maka akan lebih cepat. Tetapi handphone (HP) yang digunakan harus Android," kata Basuki kepada Tribunjateng.com, saat sosialisasi kependudukan di Pendopo Kecamatan Tegal Timur, Kamis (12/7/2018).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan saat Aplikasi tersebut sudah tersedia, warga tinggal merubah data kependudukan namun masih perlu persetujuan RT dan RW.

Nantinya, kata Basuki, apabila data sudah dirubah melalui aplikasi bisa langsung difotokopi dan kemudian dikirimkan ke Disdukcapil agar langsung cetak.

Saat ini, Kota Tegal sedang merintis aplikasi layanan adminduk berbasis android dalam rangka untuk akses pelayanan publik yang cepat kepada masyarakat.

"Dengan sistem prosedur aplikasi yang handal, Disdukcapil berharap verifikasi data dapat selesai dilakukan dalam waktu dua hari dan tidak membutuhkan waktu yang lama," tambahnya.

Sementara itu, Camat Tegal Timur, Zainal Ali Mukti menyampaikan arti pentingnya administrasi kependudukan (Adminduk) yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan. 

Untuk pelayanan cepat yang akan dilakukan Disdukcapil, pihak kecamatan akan mendukungnya dan menyesuaikan dengan yang ada di dinas.

"Ditambah akan adanya aplikasi layanan cepat, tentu kami sangat mendukung," ungkap Zainal. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help