Peringati Hari Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Adakan Lomba Kreasi Ecobrick

Untuk kedua kalinya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang mengadakan acara besar dengan mengusung konsep pengelolaan sampah menjadi bernilai jual.

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Adakan Lomba Kreasi Ecobrick
faisal affan
Sebuah kelompok bank sampah di kota semarang sedang menata ecobrick untuk diikutkan dalam lomba kreasi ecobrick di halaman kantor balaikota semarang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk kedua kalinya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang mengadakan acara besar dengan mengusung konsep pengelolaan sampah menjadi bernilai jual.

Berada di halaman Kantor Balaikota Semarang Kamis (12/7) pagi, berbagai gerai olahan sampah berjajar rapi di bawah teratak nan teduh. Mereka rata-rata terdiri bank sampah yang ada di wilayah Kota Semarang.

"Kebanyakan yang membuka stan adalah pelaku bank sampah yang dikelola oleh warga Kota Semarang. Tapi ada juga dari sekolah-sekolah yang sudah sadar akan pengelolaan sampah mereka," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Gunawan Saptogiri.

Tujuan diadakannya acara ini untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang bagaimana menerapkan hidup sehat tanpa plastik. Sekaligus, memberikan solusi pemanfaatan sampah plastik untuk hal yang lebih bermanfaat.

Seperti yang dikatakan Gunawan, sampah plastik bisa diubah menjadi kerajinan apapun, termasuk ecobrick. Perlu diketahui, ecobrick adalah satu dari sekian solusi untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik yang tidak mudah terurai dalam waktu yang lama.

"Ecobrick bisa dimanfaatkan untuk membuat kursi, meja, dan tembok hunian. Caranya cukup mudah, hanya memasukkan sampah plastik ke dalam botol air minum yang terbuat dari plastik dengan ukuran berapapun," jelasnya.

Acara yang bertajuk "Kendalikan Sampah Plastik" ini, sekaligus menjadi ajang peringatan hari lingkungan hidup sedunia. Tidak hanya menyediakan gerai-gerai dari bank sampah, acara ini juga diisi dengan lomba kreasi ecobrick, lomba menggambar poster, dan seminar lingkungan hidup.

"Antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Artinya warga Kota Semarang sudah semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan yang lebih baik," bebernya.

Gunawan menambahkan, ia beserta jajarannya juga giat untuk mengajak setiap kelurahan yang ada di Kota Semarang untuk mengadakan lomba ramah lingkungan. Tujuannya supaya mendongkrak minat masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga dan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

"Dari kegiatan tersebut manfaatnya juga akan kembali untuk masyarakat. Bila program ini berjalan di seluruh kelurahan, maka kualitas udara Kota Semarang jadi lebih baik, sampah sudah tidak ada lagi di sungai, tidak ada banjir lagi, dan sampah bisa semakin dikendalikan," terang Gunawan seusai memberikan sambutan.(*)

Penulis: faisal affan
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved