Sepanjang Sejarah, Kroasia Negara Berperingkat FIFA Terendah yang Tampil di Final Piala Dunia

Timnas Kroasia untuk pertama kali dalam sejarah berhasil lolos ke final Piala Dunia setelah menyudahi perlawanan Inggris di semifinal.

Sepanjang Sejarah, Kroasia Negara Berperingkat FIFA Terendah yang Tampil di Final Piala Dunia
ADRIAN DENNIS / AFP
Pemain Kroasia, Domagoj Vida, melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Rusia pada perempat final Piala Dunia 2018 di Fisht Arena, Sabtu (7/7/2018) 

TRIBUNJATENG.COM - Timnas Kroasia untuk pertama kali dalam sejarah berhasil lolos ke final Piala Dunia setelah menyudahi perlawanan Inggris di semifinal.

Pada laga yang dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB, timnas Kroasia berhasil mengandaskan impian Inggris di semifinal Piala Dunia 2018.

Dengan skor imbang 1-1 pada waktu normal, Kroasia akhirnya bisa menang dengan skor 2-1 setelah laga menghelat waktu tambahan.

Ini jadi kali pertama Kroasia berhasil lolos ke partai final, sebelumnya prestasi terbaik mereka hanya sampai semifinal pada Piala Dunia 1998.

Tak hanya itu, Kroasia juga menorehkan catatan lain saat memastikan diri lolos ke final.

Kroasia jadi tim dengan peringkat FIFA terendah yang pernah masuk ke babak final Piala Dunia, seperti dilansir BolaSport.com dari catatan Gracenote.

Pada peringkat FIFA terakhir yang dikeluarkan pada 7 Juni 2018 atau beberapa hari sebelum Piala Dunia digelar, Kroasia menempati peringkat ke-20 dunia.

Dengan poin 945, Kroasia kalah jauh dari tim-tim yang sebenarnya diunggulkan di Piala Dunia kali ini seperti Jerman (peringkat ke-1), Brasil (2), Belgia (3), Portugal (4), hingga Argentina (5).

Kroasia juga kalah dari tim-tim seperti Peru (11), Meksiko (15), dan Kolombia (16).

Bahkan Kroasia kalah peringkat dari empat tim yang tak lolos ke Piala Dunia 2018: Chile (9), Belanda (17), Wales (18), dan Italia (19).

Sejak peringkat FIFA diperkenalkan pada bulan Desember 1992, tak ada tim lain yang berperingkat lebih rendah dari Kroasia saat ini yang bisa mencapai final Piala Dunia.

Lawan Kroasia di final nanti, Prancis, saat ini menempati peringkat ke-7 dunia.

Prancis dan Kroasia akan bertemu di final yang akan digelar pada Minggu, 15 Juli 2018, pukul 22.00 WIB.

(*)

Editor: m nur huda
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved