Warga Dukuh Jampangan Pekalongan Ini Kaget Temukan Arca di Sungai  

Pemuda Dukuh Jampangan Desa Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan temukan arca saat bermain di sungai

Warga Dukuh Jampangan Pekalongan Ini Kaget Temukan Arca di Sungai   
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Lima arca yang ditemukan warga Dukuh Jampangan Desa Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan usai diamankan ke Mapolsek Kajen, Kamis (12/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemuda Dukuh Jampangan Desa Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan temukan arca saat bermain di sungai sekitar pemukiman.

Penemuan arca tersebut serintak menggegerkan warga sekitar, pasalnya dilokasi penemuan arca sering digunakan mencuci dan berkubang ternak milik warga.

Lima arca tersebut sempat dititipkan dirumah kepala desa namun kini dipindahkan ke Polsek Kajen demi faktor keamanan, Kamis (12/7/2018).

Dikatakan Musa Abdaloh (17) warga Dukuh Tegalrejo Rt 9 Rw 4 Desa Pringsurat yang pertama kali menemukan arca tersebut menerangkan, Sabtu (7/7) siang saat ingin mencuci kendaraan di sungai ia melihat batu namun menyerupai patung.

"Awalnya seperti batu biasa namun semakin mendekat menyerupai patung, dan saya memanggil teman-teman setelah kami dekati ternyata arca," jelasnya.

Bocah berusia 17 tahun bersama 7 temannya kemudian mengangkat dan mencari bagian dari arca yang hilang di sekitaran sungai.

"Karena arca tanpa kepala kami berinisiatif mencarinya, hampir setangah hari kami mencari dan menemukan 5 arca. 4 diantaranya lengkap dengan kepala hanya satu yang kepalanya hilang," paparnya.

Sementara itu Totok satu di antara Perangkat Desa Pringsurat menuturkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan dan arca akhirnya dibawa ke Mapolsek Kajen.

"Awalnya dibawa ke rumah kepala desa, namun karena faktor keamanan dan rumah kepala desa selalu didatangi warga yang penasaran. Akhirnya diamankan ke Polsek Kajen," kata Totok.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help