Pilpres 2019

BERITA LENGKAP Capres Cawapres, Cak Imin Tekan Jokowi

Apa yang dilakukan Cak Imin tersebut sama seperti yang dilakukan Anggota Majelis Syuro PKS

BERITA LENGKAP Capres Cawapres, Cak Imin Tekan Jokowi
tribunjateng/hermawan handaka
Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Fungsionari PDIP Eva Kusuma Sundari mengungkap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembahasan Calon Wakil Presiden.

Apa yang dilakukan Cak Imin tersebut sama seperti yang dilakukan Anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring yang menekan Gerindra untuk menjadikan kadernya sebagai Cawapres Prabowo.

"Tidak secara langsung. Bukan ancaman tapi tekanan,karena banyak pakai bahasa tekanan," ujar Eva, Kamis, (12/7).

Eva mengatakan para mitra partai koalisi boleh-boleh saja mengusulkan dan menekan Jokowi dalam memilih Cawapres. Namun yang harus diingat menurut Eva, Jokowi memerlukan ruang untuk menentukan cawapres.

"Tapi bagi PDIP yang paling tahu kebutuhan paling pas, pak Jokowi bukan para Cawapres yang mencalonkan. Boleh mengusulkan dan boleh lakukan tekanan tapi beri ruang cukup bagi pak Jokowi untuk pilih yang chemistry pas,kebutuhan sesuai dengan yang dihadapi Jokowi," katanya.

Eva mengatakan sah bila nama nama yang masuk bursa Cawapres menekan Jokowi. Namun yang pasti pada ujungnya nanti kepentingan-kepentingan subjektif harus dikesampingkan demi kepentingan bangsa.

"Mau kepentingan subjektif jadi cawapres silahkan tapi in the end of the day mari pilih cawapres terbaik sesuai yang didefinisikan pak Jokowi. Beri ruang pada pak Jokowi," pungkasnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berbicara tentang pertemuannya dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu. Cak Imin juga berbicara tentang kemungkinan PKB dan Golkar berada di luar koalisi pendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Cak Imin awalnya menjelaskan hasil pertemuannya dengan Airlangga. Dia mengklaim keduanya sepakat saling mendukung.

"Dengan Airlangga fokus pada dua hal. Pertama, PKB-Golkar sepakat membangun koalisi yang lebih produktif di pemerintahan. Kedua, sama-sama berkeinginan mendukung. Saya dukung Airlangga, Pak Airlangga dukung saya," kata Cak Imin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7).

Halaman
123
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help