Ini Tipe iPhone yang Paling Banyak Masuk 'Bengkel'

Satu di antara smartphone besutan Iphone, yakni Iphone X dilaporkan menjadi raja smartphone terlaris secara global

Ini Tipe iPhone yang Paling Banyak Masuk 'Bengkel'
The Verge
Bagian depan iPhone 6S 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Satu di antara smartphone besutan Iphone, yakni Iphone X dilaporkan menjadi raja smartphone terlaris secara global.

Firma riset pasar Counterpoint Research menyajikan laporan Market Pulse untuk Maret 2018, menyebut iPhone X menguasai pasar 3,5 persen.

iPhone X juga menyabet predikat menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi sepanjang kuartal I-2018 yang berakhir pada Maret.

Namun di sisi lainnya, ternyata terdapat juga seri iPhone yang dijelaskan oleh laporan firma keamanan data, Blancco, sebagai iPhone yang paling banyak memiliki masalah.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa iPhone 6, baik iPhone 6 reguler, iPhone 6s, hingga iPhone 6s Plus menjadi generasi iPhone yang paling banyak menuai komplain.

Hal senada juga terjadi di Kota Semarang, Zainuddin, front office dari 'Visa Phone' Plaza Simpanglima Semarang menyebutkan bahwa iPhone 6 menjadi smartphone yang rawan balik ke toko.

"Antara iPhone 6 dan iPhone 6s Plus menjadi smartphone dari iPhone yang cukup rawan masuk bengkel, persentasinya antara 45 dan 40 persen dari seluruh iPhone," tuturnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (19/7/2018).

Masalah yang membuat iPhone ini balik juga beragam, termasuk performa baterai yang memengaruhi kinerja ponsel.

Selanjutnya karena sistem operasi yang tidak sesuai dengan kemampuan hardware, membuat speaker dan fitur lain kadang tak beroptimal.

"Misal saja jaringannya kurang support saat update, maka bisa menimbulkan masalah baru seperti finger print tidak bisa, atau sinyal tidak ada," tambahnya.

Kerusakan ini dijelaskan Zain bisa jadi karena penggunaannya atau juga karena pabrikan, seperti layar melengkung.

Meski begitu, seri iPhone terbaru untuk iPhone 8 dan iPhone X disebutkannya cukup aman.

"Jadi secara tidak langsung, semakin ke sini iPhone semakin bagus kualitasnya karena smartphone terbaru besutannya minim masalah," katanya menandaskan. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help