Racana Walisongo akan Gelar Diklat Penanggulangan Bencana dan SAR

Pramuka UIN Walisongo Gelar Diklat Penanggulangan Bencana dan SAR tanggal 26-31 Juli 2018

Racana Walisongo akan Gelar Diklat Penanggulangan Bencana dan SAR
net
Foto Dokumen kegiatan Racana Walisongo Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Brigade Rajawali (Birawa) Racana UIN Walisongo Semarang bakal selenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pengenalan PB (Penanggulangan Bencana) dan SAR (search and rescue) XIII.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 26-31 Juli 2018 ini bekerjasama dengan Dinas Sosial provinsi Jawa Tengah, Basarnas Semarang, dan BPBD Kota Semarang.

Diklat PB dan SAR merupakan pengembangan dari kegiatan Latihan Gabungan water rescue yang pernah diselenggarakan sebelumnya yaitu berupa tehnik pencarian dan pertolongan di dalam air.

Transformasi ini didukung karena dirasa banyak peserta berpartisipasi dan berantusias dari kegiatan sebelumnya.

Tujuan kegiatan ini sebagai wahana pelatihan yang mengandung pendidikan dan pengaruh pada peningkatan keterampilan.

Serta memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk melatih diri dalam mengembangkan kepemimpinannya agar mampu ikut berperan dalam penanggulangan bencana serta dapat menolong diri sendiri dan orang di sekitarnya.

Materi yang akan diajarkan dalam Diklat diantaranya meliputi: Water Rescue, Jungle Rescue, dan Manajamen Posko.

Melalui narasumber dan pelatih yang didatangkan dari Dinas Sosial provinsi Jawa tengah, BASARNAS Semarang, dan BPBD Kota Semarang diharapkan peserta mampu menguasai materi ini.

Panitia menargetkan jumlah peserta mencapai 150 orang dari kalangan anggota Pramuka UIN Walisongo Semarang serta anggota Pramuka partisipan dari berbagai Perguruan tinggi dan sekolah SMA se-Derajat di Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Lokasi pelaksanaannya sendiri mengambil beberapa tempat yang memadai dan dirasa mampu mewakili kondisi untuk melakukan simulasi penanggulangan bencana serta evakuasi korban bencana.

Tempat yang akan digunakan pelatihan di Kampus UIN Walisongo Semarang, Kolam Renang Unnes, dan area waduk Jatibarang Semarang. (Ditulis oleh Ahmad Asysyahru Wardi/mahasiswa UIN Walisongo)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help