Mayoritas Syarat Pencalonan Bacaleg Kabupaten Semarang Belum Lengkap

KPU Kabupaten Semarang telah menyerahkan pointer syarat pencalonan bakal calon anggota legislatif (bacaleg)

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Pada Jumat (20/7/2018) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang telah menyerahkan pointer syarat pencalonan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang harus segera dilengkapi dan diperbaiki di setiap partai politik.

Anggota KPU Kabupaten Semarang Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan, dan Kampanye Ridho Pakina menyampaikan, seluruh parpol --15 parpol-- secara umum masih ada kekurangan berkas syarat pencalonan bacaleg.

“Semua sudah kami sampaikan kepada pihak penghubung tiap parpol. Rata-rata kekurangan atau ketidaklengkapan berkas syarat pun sama. Seperti masih ada ijasah bacaleg yang belum dilegalisir,” kata Ridho kepada Tribunjateng.com, Senin (23/7/2018).

Lalu, lanjutnya, surat keterangan pajak nihil (SKPN) belum dilampirkan, surat keterangan dari pihak pengadilan, hingga ketidaksesuaian nama calon antara yang ada di kartu tanda anggota (KTA) dengan yang di kartu tanda penduduk (KTP).

“Kami pun sudah menghimbau melalui para penghubung tiap parpol tersebut untuk dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami apabila masih ada yang bingung melalui Helpdesk KPU Kabupaten Semarang. Tujuannya agar semakin clear dan tidak ada yang terlewatkan,” ujarnya.

Sehingga pula, terang Ridho, ketika penyerahan berkas perbaikan kepada KPU, tidak ada lagi pula yang dikembalikan karena ada yang tertinggal ataupun kurang lengkap.

Dan sebagai himbauan pula, diharapkan mereka tidak menyerahkan hasil perbaikan di waktu yang mepet.

“Sesuai batasan waktu, perbaikan maupun kelengkapan berkas syarat pencalonan yang kurang dilaksanakan sejak kemarin Minggu (22/7/2018) hingga Selasa (31/7/2018). Jika dilihat waktunya memang masih cukup panjang. Tetapi tolong, jika sudah dirasa lengkap, segera serahkan ke kami untuk diperiksa,” pintanya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati. Serupa dengan yang ada di KPU Kabupaten Semarang, dari hasil verifikasi yang dilaksanakan pihaknya mayoritas masih ada ketidaklengkapan berkas syarat pencalonan para bacaleg.

“Rata-rata di 14 parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya masih ada kekurangan dan harus segera diperbaiki. Dominan ada pada ijasah yang belum terlegalisir, belum ada surat keterangan dari kepolisian, dari pengadilan, hingga terdaftar sebagai pemilih,” ucapnya.

Puput --sapaan akrab Putnawati-- pun berharap, seluruh parpol dapat memanfaatkan secara optimal waktu yang tersedia di masa perbaikan tersebut. Pihaknya pun siap membantu apabila masih ada yang perlu didiskusikan.

“Kami setiap hari akan terus memantau. Termasuk juga coba senantiasa berkoordinasi dengan tiap parpol. Tolong kepada setiap parpol, untuk segera kirim berkas hasil perbaikannya. Sehingga ketika diketahui masih ada yang kurang, masih ada waktu untuk melengkapinya,” tuturnya.(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved