Pilgub Jateng

Pelantikan Ganjar-Yasin Menunggu Pengajuan DPRD Jateng ke Presiden

KPU Jateng menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin, sebagai pemenang Pilgub Jateng 2018.

Pelantikan Ganjar-Yasin Menunggu Pengajuan DPRD Jateng ke Presiden
Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo saat ditemui usai rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih gubernur dan wakil gubernur, di halaman kantor KPU Jateng, Jalan Veteran 1A, Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa (24/7/2018) pagi.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin, sebagai pemenang kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan, penetapan ini digelar usai pihaknya menerima surat hasil registrasi perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikirim KPU pusat.

"Isinya, dimana untuk Pilgub Jawa Tengah, tidak ada perselisihan hasil pemilihan," kata Joko usai rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih gubernur dan wakil gubernur, Selasa (24/7/2018) pagi.

Sesuai ketentuan Undang-Undang, lanjutnya, satu hari setelah pemberitahuan dari MK, KPU menetapkan pasangan calon terpilih.

Acara itu digelar di ruang aula 1 kantor KPU Jateng, Jalan Veteran 1A, Gajahmungkur, Kota Semarang.

"Selanjutnya setelah penetapan calon terpilih, nanti DPRD Provinsi Jawa Tengah yang akan mengusulkan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri, untuk menetapkan, mengesahkan dan melantik gubernur, wakil gubernur periode 2018-2023. Itu tahapannya," imbuhnya.

Ditambahkannya, setelah DPRD Jateng mengusulkan pelantikan, proses berikutnya menjadi kewenangan Menteri Dalam Negeri.

Biasanya, pelantikan akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing kepala daerah.(*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved