Jelang Porprov, KONI Kota Semarang Gelar Tes Fisik

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, yakni pada Jumat ini (27/7)- sampai Sabtu besok, di Kompleks Tri Lomba Juang, Semarang

Jelang Porprov, KONI Kota Semarang Gelar Tes Fisik
Tribunjateng.com/Franciskus Ariel Setiaputra
KONI Kota Semarang bekerjasama dengan pihak Universitas Negeri Semarang (Unnes), melakukan tes fisik terhadap para atlit yang disiapkan untuk Porprov Jateng Oktober mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, F Ariel Setiaputra

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang menggelar tes pengukuran fisik untuk para atlet yang disiapkan untuk ajang Porpov Jateng 2018, Oktober mendatang.

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, yakni pada Jumat ini (27/7)- sampai Sabtu besok, di Kompleks Tri Lomba Juang, Semarang.

Wakil Ketua Umum II Koni Kota Semarang, Endang Kumaidah menjelaskan ada sekitar 622 lebih atlet dari 45 cabang olahraga melakukan tes pengukuran fisik tersebut.

Di hari pertama ada sekitar 160 atlet dari 15 cabang olahraga. Selebihnya akan di tes besok di lokasi yang sama.

Tes pengukuran fisik ini dilakukan usai semua para atlet menjalani tes darah.

"Dari KONI, ingin tahu kondisi atlet saat ini, karena kemarin pada saat pertama hanya melakukan tes lab analisis darah, sekarang kami ambil tes lapangan dan tentunya parameter yang dipakai sesuai cabor masing-masing, karena kebutuhan tiap cabor berbeda,” kata Endah saat ditemui di kantor KONI Kota Semarang di kompleks Tri Lomba Juang, Jumat (27/7) pagi.

Dalam tes ini, ada sebelas parameter yang digunakan. Namun tidak semua parameter ini dilakukan para atlet. Karena, bergantung pada cabang olahraga masing-masing. Paramater tersebut antara lain tes VO2 Max, kecepatan, kekuatan, flexibility, kelincahan serta beberapa tes lainnya.

"Untuk tim pelaksana, kita memakai tenaga tes dari Unnes yang sudah berpengalaman melakukan tes sementara kita dari KONI sebagai tim supervisi," jelasnya.

Usai menjalani tes ini, nantinya hasil tes selama dua hari tersebut bakal disampaikan ke pengurus cabang olahraga masing-masing senagai bahan evaluasi.

Halaman
12
Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved