Sari Berharap Koleksi Buku Perpusda Jawa Tengah Ditambah

Perpustakaan Daerah Jawa Tengah menyediakan berbagai koleksi buku cetak.

Sari Berharap Koleksi Buku Perpusda Jawa Tengah Ditambah
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Pengunjung sibuk mencari dan membaca buku di Perpusda Jawa Tengah, Rabu (1/8) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG  - Perpustakaan Daerah Jawa Tengah menyediakan berbagai koleksi buku cetak.

Di antaranya buku politik, ekonomi, sosial, bahasa, hukum, teknik dan budaya.

Pengunjung perpustakaan sebagian besar berasal dari mahasiswa.

Mereka datang kesana untuk membaca dan meminjam buku sesuai dengan yang mereka inginkan.

Koleksi buku di perpustakaan daerah memang banyak.

Namun, buku - buku yang tersedia beberapa di antaranya sudah lama dan koleksinya tidak ditambah.

"Saya disini mencari buku tentang anatomi dan fisioterapi. Ini tugas akhir saya. Saya baru menemukan buku anatomi yang dasar saja. Saran saya lebih banyak lagi buku tentang kesehatan, apalagi di daerah Jawa. Buku tentang fisioterapi hanya om saya yang punya. Sehingga susah mencarinya." ujar Sari (20), mahasiswa Akademi fisioterapi Husada Semarang saat ditemui di Perpusda, Rabu (1/8).

Menurut Magrifatul Laila Sholikah (22), mahasiswa IAIN Salatiga jurusan pendidikan agama islam saat ditemui di Perpusda Jawa Tengah, tadi dia mencari buku perkembangan karya remaja karya Herluk.

Rak-raknya kurang. Dia berhapa setiap buku tertata rapi. Nomor-nomornya diurutkan, biar nanti saat mencari tidak susah.

"Untuk buku-buku disini masih kurang lengkap, meskipun beberapa sudah ada. Saya mencari buku Delphi, disini bukunya masih lama, belum yang terbaru. Untuk novel -novel juga belum lengkap. Saya aslinya Jogja, koleksinya masih lengkap di Jogja. Disini masih kurang. Saran saya koleksi bukunya dilengkapi," ungkap Nurul Kholifah (22), mahasiswa USM jurusan Sistem Informasi.

Menurut Sudikto, Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan Provinsi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah saat ditemui di Ruangannya, Rabu (1/8), jumlah pengunjung di perpustakaan daerah Jawa Tengah sebesar 700 hingga 1000 per hari. Jumlah buku yang tersedia sebesar 260.000 eksemplar dan 113.000 judul buku.

"Sejak 2016, kami sudah memiliki perpustakaan digital, https://perpusda Jawa tengah.id. Jumlah pengunjung perpustakaan digital 6000-10.000 orang dan sudah diakses oleh 30 negara di dunia."

Sudikto menambahkan, kami juga mengadakan layanan perpustakaan keliling, ekspo perpustakaan di gedung wanita, lalu promosi lewat media sosial YouTube, dan perpustakaan digital, https://perpusdajawatengah.id.

"Ke depan Perpusda akan melengkapi koleksi bukunya lewat perpustakaan digital
.karena tidak membutuhkan tempat, tenaga, dimana saja bisa di akses, mempermudah informasi dan lebih mengikuti perkembangan zaman," pungkasnya. (*)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help