Hanya Ada Dua di Indonesia, Aplikasi Berbasis Android untuk Komunikasi Guru dan Orangtua

Dikbud Kabupaten Tegal kini meluncurkan terobosan baru berupa aplikasi Sistem Informasi Berbasis Android bagi SMP dan SMA Negeri.

Hanya Ada Dua di Indonesia, Aplikasi Berbasis Android untuk Komunikasi Guru dan Orangtua
Tribun Jateng/Akhtur Gumilang
Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Android bagi SMP dan SMA Negeri.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal kini meluncurkan terobosan baru berupa aplikasi Sistem Informasi Berbasis Android bagi SMP dan SMA Negeri.

Peluncuran aplikasi itu sendiri berlangsung di Aula Disdikbud, Jalan Gajahmada, Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis (2/8/2018) ini.

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Tegal, Ahmad Wasari mengatakan bahwa aplikasi ini nantinya bisa dimiliki para orangtua siswa dan guru untuk mengetahui kegiatan persekolahan lewat genggaman HP andorid.

Bahkan, Wasari menyebut, aplikasi yang diluncurkan Disdikbud ini ternyata baru hanya ada dua di Indonesia.

"Hanya ada dua aplikasi pendidikan berbasis android di Indonesia. Pertama, aplikasi ini dibuat oleh Kota Surabaya. Lalu kedua, diluncurkan oleh Kabupaten Tegal," terang Wasari kepada Tribunjateng.com, Kamis (2/8/2018).

Ia menjelaskan, bahwa pembuatan aplikasi ini merupakan program Bidang Bina Program Disdikbud Kabupaten Tegal.

Uji coba penerapan aplikasi ini, kata Wasari, dilakukan sejak tahun 2017 lalu atau telah berlangsung selama setahun penuh.

"Kami terapkan sejak tahun lalu di SMPN 2 Margasari, Kabupaten Tegal yang ada siswa hilang dan kabur di sana. Kami pilih di sana sebagai uji coba untuk mematangkan aplikasi," tambahnya.

Menurut Wasari, nantinya setiap SMP maupun SMA Negri di Wilayah Kabupaten Tegal akan memiliki aplikasi berbasis android yang terintegrasi dengan database sistem informasi milik Disdikbud.

Halaman
123
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help