Raih Akreditasi B, Unit Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Batang Masih Terkendala Ini

Dinas Perhubungan Kabupaten Batang telah mendapatkan sertifikat terakreditasi B pada Unit Pelaksanaan Berkala Kendaraan Bermotor.

Raih Akreditasi B, Unit Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Batang Masih Terkendala Ini
dina indriani
Pengujian Uji Berkala kendaraan bermotor oleh petugas dishub Kabupaten Batang, Kamis (2/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dinas Perhubungan Kabupaten Batang telah mendapatkan sertifikat terakreditasi B pada Unit Pelaksanaan Berkala Kendaraan Bermotor.

Sertifikat akreditasi B tersebut dikeluarkan langsung oleh Kementerian Perhubungan Direktural Jenderal Perhubungan Darat dengan Nomor SK.2630/AJ.402DRJD/2018 tanggal 25 April lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Murdiono mengatakan penerimaan akreditasi tersebut hanya diraih 41 Kabupaten/Kota dari 450 se-Indonesja termasuk Batang.

Sedangkan se-Jawa Tengah hanya 8 Kabupaten/Kota dan untuk karsidenan Pekalongan hanya tiga yaitu Batang, Pemalang dan kota Tegal.

"Dari dampaak tersebut Kabupaten Kota yang belum menerima akreditasi B tidak boleh melakukan pengujian, yang akhirnya dishub dengan akreditasi B menerima pelimpahan uji berkala kendaraan bermotor, sehingga akan mengalami kenaikan retribusi dari uji kelaikan," ujarnya, Kamis (2/8/2018)

Diakuinya Dishub Batang mengalami kendala dalam penerimaan pelimpahan karena buku uji, plat uji terbatas, stiker dan SDM pengujianya pun sangat terbatas, sehingga ditakutkan akan mengalami kehabisan dan kekaurangan tenaga.

“Dalam setiap harinya kita mampu menerima uji kendaraan sampai 40 kendaraan, dengan pelimpahan ini akan mengalami kenaikan hingga sampai 100 kendaraan,” tuturnya.

Ia menghimbau bahwa bagi masyarakat daerah lain untuk melakukan uji berkala kendaraan bermontor harus menyertakan surat rekomendasi dari dishub setempat dahulu, hal ini agar kendaraan tersebut tercatat di Dishub setempat. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help