Sosialisasi Stunting, Dinkes Jateng Datangi Rumah Warga Demak

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mengunjungi beberapa warga di Desa Kedungori, Kecamatan Dempet bersama Dinas Kesehatan Demak

Sosialisasi Stunting, Dinkes Jateng Datangi Rumah Warga Demak
ISTIMEWA
Dinkes Jateng dan Kab. Demak saat sosialisasikan stunting kepada warga Kedongori, Dempet, Kamis (2/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu
TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah kali ini mengunjungi beberapa warga di Desa Kedungori, Kecamatan Dempet bersama Dinas Kesehatan Kab. Demak untuk menyosialisasikan masalah stunting.

Ada beberapa tim yang dibentuk dalam kesempatan ini.

"Punya buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Kartu Menuju Sehat (KMS)?" jelas petugas dari Dinkes Kab Demak saat kunjungan ke rumah-rumah di Desa Kedongori, Kamis (2/8/2018).

Survei ini untuk menindaklanjuti lebih dalam terkait stunting.

Stunting adalah kekurangan gizi kronis terutama yang terjadi pada 1000 hari kehidupan yaitu sejak janin dalam kandungan sampai umur 2 tahun.

"Pola hidup sehat sangat penting, terlebih mengenai asupan yang dikonsumsi para perempuan yang tengah mengandung," tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes, saat ditemui di lain kesempatan oleh Tribunjateng.com.

Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota wajib mendata warganya, apakah sudah memiliki buku KIA serta KMS.

Dari kartu tersebut pihak Dinas Kesehatan bisa mengetahui berbagai latar belakang penyakit keluarga yang dikunjungi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah terjadinya stunting yakni melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sejak dini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yulianto.

"Germas menjadi gerakan yang sangat positif untuk kehidupan, terutama menjaga kesehatan baik jangka pendek dan panjang," jelasnya.

Terlebih mengenai stunting, ibu yang sedang hamil bisa melakukan pemeriksaan secara rutin dan mengkonsumsi asupan gizi seimbang dan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help