Kemenperin Targetkan 20 Ribu Pengusaha Baru

Tak tanggung-tanggung, Kemenperin targetkan 20 ribu pengusaha baru hingga 2019 mendatang

Kemenperin Targetkan 20 Ribu Pengusaha Baru
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Gati Wibaningsih melihat expo di UMS, Sukoharjo, Jumat (3/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencanangkan ada 20 ribu pengusaha baru di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Kemenperin targetkan 20 ribu pengusaha baru hingga 2019 mendatang.

Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin, Gati Wibaningsih, menjelaskan ada sejumlah langkah yang dilakukan Kemenperin untuk memaksimalkan target tersebut.

Di antaranya adalah bekerjasama dengan sejumlah universitas di Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Karena sudah ada hasil risetnya dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMS. Mana yang bisa diaplikasikan ke masyarakat, mana yang belum," terangnya pada Pembukaan Expo Hasil Riset LPPM UMS, Sukoharjo, Jumat (3/8/2018).

Gati menuturkan, dalam menumbuhkan wirausaha baru pihaknya merekrut sejumlah mahasiswa bahkan siswa smk untuk dilatih menjadi wirausaha baru di Indonesia. Teknisnya, dari siswa smk ini direkrut untuk kemudian dipilih dan dididik oleh kepelatihan yang berada di bawah naungan Kemenperin.

"Ada sekolah tekstil, sekolah mengolah kulit hewan, pengolahan makanan dan lain-lain. Kami kasih beasiswa 2 tahun, setelah lulus mereka kami arahkan menjadi pendamping ukm untuk kemudian menjadi wirausahawan baru," ujar Gati.

Selain mahasiswa, pihaknya juga menggandeng sejumlah komunitas untuk menjadi wirausahawan baru.

Teknisnya, para anggota komunitas ini memberikan informasi apa yang diperlukan, dan Kemenperin akan memfasilitasi kepelatihan.

"Kami punya program restrukturisasi industri. Jadi mereka yang mau beli alat untuk jadi wirausahawan, kami kasih diskon 30 persen untuk barang produksi dalam negeri dan 25 persen untuk barang produksi luar negeri," urainya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved