Tingkatkan Kualitas SDM dan Tekan Stunting Anak Melalui Lomba Balita Sehat

Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Puskesmas Subah, menggelar lomba balita sehat

Tingkatkan Kualitas SDM dan Tekan Stunting Anak Melalui Lomba Balita Sehat
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Antusias peserta yang mengikuti lomba balita sehat diselenggarakan di Aula Puskesmas setempat, Jumat (3/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Puskesmas Subah, menggelar lomba balita sehat di wilayah Puskesmas Kecamatan Subah yang diselenggarakan di Aula Puskesmas setempat, Jumat (3/8/2018).

Selain itu, Kepala Puskesmas Subah dr. Ida Susilaksmi menyampaikan, kegiatan tersebut juga tak lain untuk meningkatkan kembali kegiatan posyandu yang ada di desa dan puskesmas.

Pasalnya selama ini ada beberapa posyandu yang belum memenuhi standar diper/s jumlah keseluruhan balita di desa perbalita yang datang ke posyandu.

"Melalui lomba balita sehat ini harapannya dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal dan kegiatan posyandu lebih meningkat lagi kegiatannya serta mencegah stunting pada anak," terang dr.Ida Susilaksmi.

Kesadaran dan kemandirian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Subah juga diharapkan bisa membantu dalam upaya pengembangan, pembinaan kesehatan, kesejahteraan balita dan dapat menekan angka stunting.

Berdasarkan data yang dihimpun di Kecamatan Subah sendiri terdapat 30 persen dari keseluruhan balita.

"Namun stunting di sini tidak diakibatkan oleh gizi buruk atau kekurangan gizi melainkan faktor genetik," jelasnya.

Lomba balita sehat tingkat Puskesmas ini antara lain meliputi status imunisasi anak, status pengukuran panjang badan dan lainnya, serta status kesehatannya.

"Ada 17 peserta yang hadir dalam lomba balita tersebut yang masing - masing mewakili desanya, dan untuk pemenang lomba akan di ikut sertakan di tingkat Kabupaten," ujarnya.

Dijelaskannya juga selain keadaan balita lomba juga meliputu keadaan orang tua balita yaitu pendidikan, umur, alat kontrasepsi yang dipakai khususnya bagi ibu balita dan kelengkapan buku KIA dan KMS, serta status balita untuk kesehatan gigi dan umum, dan tingkat perkembangan anak psikologi, motorik si anak. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved