Lestarikan Pantai Sicepit Batang, Puluhan Mahasiswa Undip Lakukan Aksi Pungut Sampah

Aksi tersebut dilakukan di area Pantai Sicepit, yang berada di Desa Kasepuhan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/8/2018).

Lestarikan Pantai Sicepit Batang, Puluhan Mahasiswa Undip Lakukan Aksi Pungut Sampah
Tribun Jateng/Dina Indriani
Mahasiswa Undip melakukan aksi CCU atau bersih pantai di area Pantai Sicepit yang berada di Desa Kasepuhan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/7/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Puluhan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tergerak untuk ikut memajukan wisata yang berada di jalur Pantura dengan melakukan aksi Coastal Clean Up (CCU) atau bersih pantai.

Aksi tersebut dilakukan di area Pantai Sicepit, yang berada di Desa Kasepuhan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/8/2018).

Aksi ini bertujuan untuk menjaga lingkungan serta menyemarakkan progam pemerintah daerah heaven of asia 2022 di bidang pariwisata.

Pasalnya, Pantai Sicepit memiliki potensi wisata dengan keindahan yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya di Kabupaten Batang.

Selama dua jam lebih mereka bisa mengumpulkan sampah hampir sepuluh karung baik organik dan an-organik.

Meskipun begitu, tidak semua sampah yang mereka pungut dimusnahkan, akan tetapi sebagian sampah seperti botol-botol akan di daur ulan menjadi kerajinan.

Hal tersebut juga untuk mengajarkan warga sekitar agar bisa memanfaatkan barang bekas.

Tak hanya menjaga dan melestarikan wisata Pantai Sicepit, puluhan mahasiswa yang sebagian besar menempuh jurusan ilmu kelautan tersebut juga turut melakukan pendampingan kepada warga dalam mengelola lingkungan dan tata wisata.

Sejumlah mahasiswa saat melakukan aksi CCU atau bersih pantai di area Pantai Sicepit yang berada di Desa Kasepuhan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/7/2018). 
Sejumlah mahasiswa saat melakukan aksi CCU atau bersih pantai di area Pantai Sicepit yang berada di Desa Kasepuhan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/7/2018).  (Tribun Jateng/Dina Indriani)

Koordinator aksi CCU, Miftahudin mengatakan aksi tersebut merupakan salah satu tindakan nyata untuk menjaga keindahan pantai.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved