Home »

Solo

Overpass Manahan Bakal Dihiasi Ornamen Khas Solo

Pembangunan Overpass Manahan Solo saat ini dikebut. Nantinya, overpass tersebut akan dihiasi berbagai ornamen khas Kota Bengawan

Overpass Manahan Bakal Dihiasi Ornamen Khas Solo
tribunjateng/akbar hari mukti
Komisi II DPRD Kota Solo sidak proyek Overpass Manahan Solo, Rabu 1 Agustus 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pembangunan Overpass Manahan Solo saat ini dikebut. Nantinya, overpass tersebut akan dihiasi berbagai ornamen khas Kota Bengawan.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Nur Basuki, mengatakan saat ini pemasangan ornamen itu masih disiapkan Pemkot Solo, sambil menunggu perkembangan pembangunan Overpass Manahan. Ornamen ini disiapkan di tiga sisi, yakni utara, timur dan barat.

"Ornamen ini sepanjang 1.500 meter. Di masing-masing sisi dihiasi ornamen khas Solo sepanjang sekitar 50 meter," ungkapnya, Senin (6/8/2018).

Ia mengaku dalam pemasangan ornamen ini akan dipikirkan secara serius, termasuk melibatkan akademisi, budayawan dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Konsepnya di sisi utara overpass, ornamennya disesuaikan bangunan yang ada di sana saat ini. Sementara di sisi timur atau sekitar Hotel Agas serta sisi barat akan dibuat secara unik dan berbeda," ujar dia.

Nur menilai, ornamen-ornamen yang dipasang merupakan buatan tangan. Artinya tak dapat dipabrikasi. Ia menjelaskan saat ini lelang pengerjaan sedang disiapkan. Tersedia Rp2,5 milyar anggaran bagi pemasangan ornamen tersebut.

"Rencananya pengerjaan ornamen saat pengerjaan overpass mencapai 60 persen, yakni pada saat dinding overpass telah terpasang," jelas Nur.

Sementara, Pelaksana Proyek PT Yasa Patria Perkasa, Ari Wahyudi meyakini pembangunan Overpass Manahan dapat sesuai target. Menurutnya pembangunan telah mencapai 49 persen.

"Percepatan dilakukan sesuai jadwal agar masa penyelesaian dapat tepat waktu," ungkap Ari. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help