Batang Sukses Pelaksanaan Pilgub Jateng 2018, Bisa Dijadikan Barometer Pileg dan Pilpres

Kabupaten Batang yang selama ini telah digelar bisa dibilang sukses karena selalu berjalan aman dan kondusif.

Batang Sukses Pelaksanaan Pilgub Jateng 2018, Bisa Dijadikan Barometer Pileg dan Pilpres
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Ketua KPU Adi Pranoto saat menyerahkan piagam kerjasama sebagai mitra KPU yang telah ikut mensukseskan penyelengaraan Pilgub kepada Pemkab Batang yang diterima oleh Kepala Kesbangpol Agung Wisnu Barata, Selasa (7/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dalam pesta demokrasi yang dilakukan di wilayah Kabupaten Batang yang selama ini telah digelar bisa dibilang sukses karena selalu berjalan aman dan kondusif.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan keberhasilan tersebut tak lepas dari kerjasama semua pihak.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari penyelenggara pemilu yang bekerja sesuai regulasi dan independen," ujarnya saat menjadi Narsumber Raker Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 di Batang Selasa ( 7/8/2018).

Ia juga mengatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan Pilgub Jateng 2018 lalu dapat dijadikan barometer Pilkada serentak tahun 2019, karena semua elemen masyarakat mengedepankan etika politik yang baik dan bermartabat.

"Evaluasi Pilgub ini dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan Pilgub jateng 2018, dan untuk mengukur kebijakan serta untuk mengkritisi dan memberikan saran bagai penyelenggaraan Pilgub agar lebih baik lagi sehingga Pemilu bisa lebih bermartabat," jelasnya

Dari evaluasi ini, Agung menjelaskan bahwa yang perlu dikuatkan pelaksanaan ke depan yaitu tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Pasalnya kalau jika dbandingkan partisipasi masyarakat dalam Pilkades pasti lebih tinggi dari pada pemilihan lainnya.

"Peningkatan partisipasi masyarakat tugas bersama dapat dilaksanakan dengan melalui Pendidikan Politik, Bantuan Politik, dan Desk Pilkada," ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang, Nur Untung Selamet mengatakan keberhasilan lainnya yaitu karena kegiatan Pilkada aman dan aparat penyelenggara Pilkada tidak bermain atau independen, bekerja sesuai dengan tupoksinya sehingga proses penyelenggaraan Pilgub dapat berjalan dengan baik dan Ini dapat dibuktikan pada saat Pilkada Kabupaten Batang.

"Saya harapkan Pilpres dan Pileg yang akan datang, dapat berjalan dengan aman juga sesuai dengan etika-etika yang ada," ujarnya.

Atas kerjasama yang baik terhadap penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018, tak lupa Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak.

"Terimakasih tentunya saya ucapkan karena semua bekerja sesuai dengan tupoksinya yang mana telah mensukseskan Pilgub Jateng 2018 sehingga berjalan aman, lancar, tertib, dan kondusif," pungkasnya.(*)

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved