Ketersediaan Hewan Kurban di Kabupaten Tegal Capai 10 Ribu Ekor

Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal memastikan ketersediaan hewan kurban di wilayah Kabupaten Tegal

Ketersediaan Hewan Kurban di Kabupaten Tegal Capai 10 Ribu Ekor
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Sapi hewan ternak di Kabupaten Tegal yang siap dikurbankan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal memastikan ketersediaan hewan kurban di wilayah Kabupaten Tegal untuk Idul Adha tahun 2018 ini aman.

Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak untuk kurban juga sudah mulai dilakukan sejak bulan Juli 2018 lalu.

‎Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo mengatakan, ketersediaan hewan untuk kurban dari tahun ke tahun selalu bertambah.

"Pantauan kami, ketersediaan hewan kurban dari tahun ke tahun selalu bertambah," kata Toto kepada Tribunjateng.com, Selasa (7/8/2018).

Berdasarkan pantauan petugas DKPP, populasi hewan ternak baik kambing, domba, maupun sapi pada tahun ini mencapai sekitar 10.000 ekor.

Maka, untuk Idul Adha nanti tidak ada kekurangan untuk penyembelihan hewan kurban.

"Populasi hewan ternak di sini (Kabupaten Tegal) mencapai sekitar 10.000 ekor, baik kambing, domba, maupun sapi. Jadi jumlahnya sangat mencukupi, bahkan lebih," tambahnya.

Menurut dia, pihaknya saat ini juga sudah mulai melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan-hewan ternak di seluruh wilayah di Kabupaten Tegal untuk memastikan kondisinya layak dan memenuhi syaratdijadikan hewan kurban.

Sejak sebulan yang lalu‎, pihaknya bahkan sudah menerjunkan tim Kesmavet (Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner).

"Hal itu untuk memantau hewan ternak di lapangan sekaligus memberikan pengobatan gratis jika ada hewan yang sakit,"‎ terang Toto. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved